INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

BMKG Pasang 18 Alat Penerima Peringatan Gempa Bumi Generasi Baru

Nur Azis

17 June, 2020 10:49 WIB | INSPIRA TEKNO

Inspira TV - BMKG Pasang 18 Alat Penerima Peringatan Gempa Bumi Generasi Baru

Foto: Nur Azis

KBB INSPIRA.TV,- Sebanyak 18 alat penerima peringatan gempa bumi dipasang di 18 kabupaten dan kota di Jawa Barat oleh Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Jawa Barat. Salah satu area yang dipasang alat tersebut adalah di Kabupaten Bandung Barat.


Alat bernama Warning Receiver System New Generation (WRS New Generation) atau alat penerima peringatan generasi baru ini, mampu memberikan info lebih cepat.


Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan, wilayah Jawa Barat merupakan daerah yang memiliki potensi gempa bumi dan tsunami dengan dua jenis sumber gempa, yaitu sumber gempa di daerah subduksi di Laut Selatan Pulau Jawa dan sumber gempa di darat dari sesar aktif. 


"WRS new generation ini dapat menyajikan informasi dalam waktu kurang dari 3 menit bahkan bisa dalam waktu 2 menit setelah terjadi gempa bumi, Karena informasi ini bersifat realtime, meskipun parameternya bersifat sementara namun dapat digunakan oleh BPBD atau pemangku kebencanaan untuk segera mengambil respon cepat mitigasi kebencanaan," jelasnya.


Alat WRS New Generation kini telah dipasang di 18 kabupaten dan kota di Jawa Barat untuk menerima informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami dari BMKG.


"Berdasarkan kondisi tektonik yang kompleks ini, maka gempa dapat terjadi kapan saja dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman sehingga WRS New Generation ini akan menunjang serapan dan penyebarluasan informasi untuk ditindaklanjuti ke masyarakat," ungkap Tony saat dihubungi, Rabu (17/6)


"Kami sudah selesai memasang WRS New Generation, jadi nantinya alat tersebut dimanfaatkan oleh BPBD dengan cepat dan otomatis saat menerima informasi soal gempa dan tsunami. Sistem komunikasinya melalui satelit," tambahnya.


Sejak Tahun 2008 BMKG sudah memasang sebanyak 275 peralatan WRS. Mengingat peralatan WRS masih sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah dan kantor Lembaga/Kementerian terkait, maka pada tahun 2020 ini BMKG memasang WRS generasi terbaru di 315 lokasi. (HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN

INSPIRA SPORT
Coutinho Resmi Pulang ke Barcelona

03 September, 2020 | 11:06 WIB