INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Kampung Tangguh Nusantara di Kendal Kini Resmi Berdiri

Irfan Wahyudi

17 June, 2020 10:59 WIB | INSPIRA TRAVEL

Inspira TV - Kampung Tangguh Nusantara di Kendal Kini Resmi Berdiri

Foto : Istimewa

KENDAL  INSPIRA.TV,- Kampung Tangguh Nusantara (KTN) telah diresmikan langsung oleh Bupati Kendal dr.Mirna Annisa. Lokasinya berada di Desa Tratemulyo, Kecamatan Weleri.

 

Camat Weleri Nur Kholis, menyebutkan, bahwa sebagian besar desa yang berada di kecamtanya telah menerapkan program Jogo Tonggo termasuk upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19 telah berjalan baik.

 

“Alhamdulillah di Kecamatan Weleri sampai saat ini tidak ada warga yang positif covid-19, hal ini semua berkat kerja keras dari semua pihak baik TNI, Polri, Para Ulama serta peran Pemerintah, termasuk satgas yang berada di desa telah berkolaborasi bersama untuk pencegahan,” jelas Nur Kholis, Rabu (17/6/2020).

 

Lebih lanjut, Nur Kholis menyebutkan jika saat ini terdapat 16 Desa yang telah menerapakan program Jogo Tonggo yang nantinya akan menjadi Kampung Tangguh.

 

Sementara Mirna Annisa menyambut baik dengan adanya Kampung Tangguh Nusantara yang dimulai di Kecamatan Weleri, kemandirian warga desa dalam ketahanan pangan, jiwa gotong royong dirasa sangat baik dan wajib menjadi percontohan desa lain.

 

“Adanya Kampung Tangguh Nusantara ini menandakan jika desa ini telah mandiri dan mampu menjaga warganya, koordinasi yang tercipta antara TNI-Polri dan Tim Gugus Desa sangatlah baik sehingga tercipta kondisi yang aman bahkan warga kecamtan ini terbilang negatif dari covid-19 sampai sekarang,” ungkap Mirna Annisa.

 

Adapun dengan adanya status kampung tangguh, saat ini masyarakat saling bekerja sama, terutama melakukan pemantauan terhadap warga secara langsung. Sedangkan peran dari satgas gugus sendiri telah melakukan penyuluhan kesehatan kepada warga desa termasuk kampanye protokol kesehatan telah dilakukan.

 

Usai acara peresmian KTN, Pemerintah melalaui Dinas Pertanian turut memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak yang sebelumnya telah dilakukan pendataan oleh pemerintah desa. (MSN) 

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN