INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Pertamina Bakal Hapus Premium dan Pertalite, Kenapa?

Redaksi

18 June, 2020 11:32 WIB | INSPIRA FINANCE

Inspira TV - Pertamina Bakal Hapus Premium dan Pertalite, Kenapa?

Foto: Hendra Mulya

JAKARTA INSPIRA.TV,- Pertamina berencana untuk mengurangi produk BBM yang tak ramah lingkungan atau yang mempunyai kadar Research Octane Number (RON) di bawah 91. Nantinya akan akan tersisa BBM ramah lingkungan saja. 


Kabar ini berhembus setelah Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengungkapkan penghapusan produk BBM yang tidak ramah lingkungan itu dilakukan agar sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengurangi emisi gas karbon.


Kesepakatan itu tertuang dalam Peraturan KLHK Nomor P.20 Tahun 2017 itu, Indonesia sudah harus mengadopsi kendaraan BBM berstandar Euro 4 sejak 10 Maret 2017.


BBM yang memenuhi standar Euro 4 adalah bensin dengan Research Octane Number (RON) di atas 91 dan kadar sulfur maksimal 50 untuk produk diesel.


Euro 4 merupakan standar kualitas bahan bakar di mana minimum RON 91 dan kadar sulfurnya tidak melebihi 50.

Sementara itu, premium memiliki standar RON 88, pertalite RON 90, sedangkan pertamax RON 92. Jika begitu maka bisa diasumsikan premium dan pertalite tidak dapat digunakan.


Nicke menambahkan, pihaknya akan memprioritaskan produk yang ramah lingkungan. Karena itu, pihaknya akan mendorong masyarakat untuk menggunakan BBM yang ramah lingkungan demi menjaga udara jauh lebih baik.

 

"Untuk mendukung lingkungan lebih sehat, lebih bersih, kami dorong untuk gunakan BBM ramah lingkungan. Feasibility BBM ramah lingkungan kita akan tambah untuk kebaikan anak cucu ke depan," tutur Nicke.


Adapun terkait kapan waktu penghapusan produk BBM tersebut, Nicke mengatakan, hal tersebut menjadi kewenangan pemerintah. (HAP)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA FINANCE LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN