INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Soal Pengurangan Produk BBM, Pertamina: Kami Masih Sediakan Premium dan Pertalite

Antara News

18 June, 2020 12:43 WIB | INSPIRA FINANCE

Inspira TV - Soal Pengurangan Produk BBM, Pertamina: Kami Masih Sediakan Premium dan Pertalite

Foto: Hendra Mulya

JAKARTA INSPIRA.TV,- Berhembus kabar bahwa Pertamina akan menghapus BBM tak ramah lingkungan, dalam hal ini Premium dan Pertalite.


Terkait hal ini, Pertamina menegaskan bahwa pihaknya masih menyediakan produk bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan pertalite di seluruh wilayah Indonesia.


“Berdasarkan penugasan dari Pemerintah, saat ini Pertamina masih menyalurkan dan menyediakan Premium di Indonesia,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman di Jakarta, Kamis, seperti dikutip dari Antaranews.com.


Selain Premium, Pertamina juga menyediakan jenis BBM Umum yang meliputi Perta Series yakni Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo serta dan Dex Series yakni Pertamina Dex dan Dexlite.


“Pertamina juga masih menyediakan Pertalite di SPBU di Indonesia. Untuk itu, masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap menggunakan BBM sesuai kebutuhan,” imbuhnya.

Namun, di sisi lain menurut Fajriyah, Pertamina juga dihadapkan pada regulasi lingkungan. Merujuk pada ketentuan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) No 20 Tahun 2017.


Dari ketentuan tersebut disyaratkan standar baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor sesuai dengan standar EURO 4 sehingga BBM yang digunakan untuk uji emisi agar minimal mengikuti RON minimal 91.


Oleh sebab itu, Pertamina juga terus melakukan edukasi dan mendorong konsumen agar beralih menggunakan BBM yang lebih ramah lingkungan.


Sebagai Badan Usaha di sektor hilir, PT Pertamina (Persero) masih menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium sebagaimana penugasan yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 Tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.


Sebagai tindak lanjut dari Perpres tersebut, Menteri ESDM pada tanggal 28 Mei 2018 juga telah menetapkan Kepmen ESDM Nomor 1851 K/15/MEM/2018 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Bali. (HAP)


You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA FINANCE LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN