INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Jelang Buka Kembali Kebun Binatang Bandung Siapkan Fasilitas Tambahan

Redaksi

19 June, 2020 13:01 WIB | INSPIRA TRAVEL

Inspira TV - Jelang Buka Kembali Kebun Binatang Bandung Siapkan Fasilitas Tambahan

Foto: Dok. bandung-zoo.com

BANDUNG INSPIRA.TV,- Ngebut inilah kata yang bisa diungkapkan untuk menggambarkan kondisi Kebun Binatang Bandung atau yang biasa disebut Bazoga. Area rekreasi tersebut kini tengah menyiapkan sejumlah fasilitas jelang dibuka kembali.


Fasilitas tersebut diantaranya seperti pembatas antrian di pintu masuk, pembatas jaga jarak di setiap kandang, dan sudah dilakukan pembersihan di loket.


"Nantinya pintu masuk dikonsentrasikan di satu titik, di gate 3 atau gate garuda yang memiliki parkiran sekitar 100 mobil. Keluar masuk pengunjung dari pintu ini setelah kapasitas 30% terpenuhi akan dilakukan sistem buka tutup. Dengan metode masuk dan keluar di satu titik, pengunjung akan selalu terkontrol," demikian penjelasan Sulhan Syafii, Marcomm Bazoga.   


Tak hanya itu, Sulhan menjelaskan nantinya akan diberlakukan SOP AKB secara ketat, misalnya tim security, loket, dan portir menggunakan face shield, masker, serta sarung tangan.


"Bagi pengunjung akan dilakukan pengecekan suhu. Bila melebihi 37,5 derajat tidak diperkenankan masuk. Aturan ini diberlakukan karena kami tidak ingin setelah dibuka tempat kami menjadi area penyebaran covid 19," jelas Sulhan. 


Setiap bangku-bangku di sekitar kebun binatang Bandung juga dilakukan sistem jaga jarak setiap 1 meter setengah. Ada simbol berupa penyilangan atau cakra untuk tidak ditempati oleh pengunjung secara berdampingan.


Meski begitu pengelola Bazoga paham adanya resiko berkurangnya jumlah wisatawan yang datang karena kapasitas harus dikurangi. Namun hal ini harus dilakukan demi mengantisipasi agar pengunjung tidak saling menyebarkan virus. 


"Ada latihan animal show yang digelar mulai Kamis 17 Juni.Pertunjukan memang menjadi sedikit kendala, karena sudah tiga bulan satwanya tidak melakukan atraksi. Tapi setelah melakukan latihan, satwa show kembali lancar melakukan atraksinya di panggung," kata Sulhan.


Sulhan mengungkapkan mesti sudah menyiapkan protokol ketat, pihak pengelola kebun binatang Bandung memang belum mendapat kepastian kapan bisa dibuka kembali. 


"Saat ini prosedur yang ditempuh adalah harus menyiapkan fasilitas kemudian bersurat ke Disbudpar. Setelah itu tim gugus tugas dari Disbudpar akan mengecek keberadaan fasilitas tersebut. Baru setela h itu mereka mengeluarkan surat boleh atau tidaknya fasilitas rekreasi ini dibuka untuk umum," tutupnya. (HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN