INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Warga Muslim Silakan Solat Gerhana Matahari Ahad Besok

Iman Nurdin

20 June, 2020 10:31 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Warga Muslim Silakan Solat Gerhana Matahari Ahad Besok

Foto: Dok Kemenag RI Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin

JAKARTA, INSPIRA.TV.- Gerhana matahari diperkirakan kembali terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. Berdasarkan data astronomis, ada 31 provinsi di Indonesia yang dapat mengamati  Gerhana Matahari Sebagian pada Ahad, 21 Juni 2020 bertepatan 29 Syawal 1441H. 

 

“Ada 31 Provinsi yang secara astronomis dapat mengamati gerhana matahari ini,” terang Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin di Jakarta, dalam siaran pers Sabtu (20/06/2020).

 

Kementerian Agama, lanjut Kamaruddin Amin, mengimbau umat Islam yang daerahnya mengalami gerhana dan aman Covid-19 untuk menggelar Salat Gerhana Matahari atau Salat Kusuf. “Kami imbau kaum muslim pada daerah yang mengalami gerhana dan aman Covid-19, untuk menggelar shalat sunnah gerhana sesuai tuntunan syariah. Tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tuturnya.

 

Amin menyarankan kepada para imam agar menyampaikan khutbah mengenai anjuran berdzikir, berdoa, beristighfar, sedekah, dan hal baik lainnya dalam pelaksanaan shalat gerhana secara berjamaah.

 

"Masyarakat juga dianjurkan membaca takbir, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal-amal kebajikan lainnya. Jangan lupa berdoa agar wabah COVID-19 segera berakhir dan juga doa untuk keselamatan bangsa dan negara," katanya.

 

Ia menjelaskan pula bahwa shalat gerhana bisa dilakukan secara berjamaah di masjid atau dilaksanakan seorang diri di rumah. Sedangkan waktu pelaksanaannya, sesuai dengan waktu gerhana matahari di wilayah masing-masing. 

 

Gerhana matahari sebagian pada Ahad (21/6) besok dapat disaksikan di 31 provinsi di Indonesia.  Menurut peneliti astronomi dan astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Rhorom Priyatikanto, gerhana matahari sebagian bisa disaksikan dari wilayah utara Indonesia.

 

Rhorom mengatakan gerhana matahari sebagian di Indonesia bisa diamati di ilayah Sumatera pukul 14.30-15.30 WIB dan di Sulawesi sekitar 30 menit setelahnya.

 

"Wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Maluku dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian," ujarnya. (WOK)

You can share this post !