INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Salat Jumat di Singapura Boleh Digelar Kembali, Ini Syarat-Syaratnya

Redaksi

22 June, 2020 11:09 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Salat Jumat di Singapura Boleh Digelar Kembali, Ini Syarat-Syaratnya

Foto: Dok.Straits Times

SINGAPURA INSPIRA.TV,- Umat muslim di Singapura akan diperbolehkan kembali menjalankan ibadah berjamaah di masjid mulai Jumat, 26 Juni mendatang. Namun jamaah yang ingin salat di masjid dibatasi hanya 50 orang setiap sesi.


“Masjid akan menyelenggarakan dua kloter ibadah solat Jumat dengan jumlah waktu 2,5 jam. Masjid memberikan jeda 30 menit di antara setiap sesi untuk memastikan agar tidak terjadi kerumunan,” ujar Islami Religious Council of Singapore (MUIS), pada Minggu, dikutip dari straitstimes.com.


Untuk bisa melaksanakan salat di masjid, jamaah harus mem-booking slot untuk salat sehari-hari dan salat Jumat berjamaah. Booking dilakukan menggunakan sebuah sistem booking online yang dibuat oleh MUIS. Bila tidak melakukan booking online, jamaah tidak diizinkan masuk ke area masjid. 


MUIS menjelaskan, setiap orang diperbolehkan untuk melakukan booking hanya satu slot untuk salat Jumat setiap tiga minggu. Ini untuk memungkinkan lebih banyak jamaah yang menghadiri ibadah salat jumat. 


Sementara itu, khotbah dan pelaksanaan salatnya dipersingkat menjadi maksimal 20 menit saja.


Saat menyampaikan khotbah, para imam harus berdiri setidaknya 2 meter barisan pertama dan harus menggunakan pelindung wajah.


Para Jamaah juga diharuskan saalat di area yang sudah diberi tanda berjarak 1 meter dari Jamaah lainnya. MUIS juga menegaskan, para jamaah tidak diperbolehkan untuk berinteraksi dengan jamaah lain dan harus langsung meninggalkan area masjid sesaat setelah salat Jumat selesai.


Ketika masuk ke masijid, jamaah harus check-in lewat SafeEntry menggunakan nomor NRIC atau FIN mereka. Jamaah juga dianjurkan untuk menggunakan aplikasi Trace Together. 


Selain itu, syarat lainnya, para jamaah harus menggunakan alat salat pribadi dan menggunakan masker selama melaksanakan ibadah salat di masjid. 


MUIS pun menganjurkan agar lansia berusia 60 tahun keatas dan anak-anak dibawah 12 tahun untuk mengganti salat Jumat menjadi salat Dzuhur di rumah masing-masing. (HAP)

You can share this post !