INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Hore! Pekan Ini Unpad Produksi Alat Rapid Test Lebih Akurat dan Lebih Murah

24 June, 2020 11:34 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Hore! Pekan Ini Unpad Produksi Alat Rapid Test Lebih Akurat dan Lebih Murah

Foto: Humas Jabar

BANDUNG INSPIRA.TV,- Setelah melewati beberapa tahapan dan proses, Unpad kini sudah memulai produksi Rapid Tes sendiri yang jauh lebih akurat dan lebih murah dibanding yang impor sekarang ini. Keakuratan 80% sudah hampir setara dengan tes PCR.


Rapid Test 2.0 ini menggunakan metode deteksi antigen bukan antibody seperti yang selama ini dipergunakan. Alat ini diberi nama DETEKSI CEPAD, sesuai semboyan “Biar cepad asal selamat”.


Bulan ini alat tersebut akan diproduksi sebanyak 5000 kit, Juli 10.000 kit, dan selanjutnya 50.000 kit per bulan.


"Kenapa antigen lebih akurat dari antibodi? Rapid test Antigen (meski bukan deteksi RNA) memeriksa bagian protein dari virus covid secara langsung. Sedangkan Rapid test antibody yang diperiksa adalah adanya respon tubuh terhadap virus, perlu waktu, dan perlu jumlah yang cukup untuk terdeteksi," ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil.


Menurutnya, ibarar deteksi maling, antigen adalah deteksi menangkap tangan maling. sementara antibody adalah deteksi pergerakan satpam mencari maling saat alarm bunyi.


"Apakah di dunia sdh ada yg antigen juga? Ada, tapi jarang digunakan di negara maju yang memiliki ketersediaan PCR yang cukup," jelas Emil.


Di Indonesia ketersediaan PCR masih terkendala. Juga di negara berkembang, mereka juga harus Impor rapid test antigen.


"Beruntung di Jabar, ada kampus UNPAD dan produsen yang bisa membuat deteksi antigen dengan bahan baku lokal," kata Emil. (HAP)

You can share this post !