INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Tak Hanya Memberikan Ketenangan Jiwa, Ini Manfaat Lain Dzikir Pagi dan Petang

24 June, 2020 15:03 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Tak Hanya Memberikan Ketenangan Jiwa, Ini Manfaat Lain Dzikir Pagi dan Petang

Foto: Ilustrasi

MANFAAT dzikir pagi dan petang sangat baik untuk mendekatkan diri pada Allah. Dzikir merupakan cara sederhana untuk mendapat berkah dari Allah SWT. Tak hanya itu, dzikir juga disunahkan untuk dilakukan kapan pun dan di mana pun.


Dzikir merupakan ibadah untuk terus mengingat Allah. Ini dilakukan dengan cara menyebut dan memuji Allah. Dzikir merupakan salah satu kewajiban yang tertuang dalam Al Quran. Selain dilakukan pagi dan petang, dzikir pun bisa dilakukan setelah salat, saat berdiam diri, atau pada kesempatan apa saja. Manfaat dzikir pagi dan petang ini tentunya bisa diselipkan di sela-sela aktivitas harian.


Manfaat dzikir pagi dan petang dapat menjadi bentuk rasa syukur. Meski bisa dilakukan kapan saja, dzikir sangat dianjurkan pada pagi dan sore hari. Manfaatnya tak hanya sekadar memuji kebesaran Allah. Berikut manfaat dzikir pagi dan petang yang berhasil dirangkum:




Allah Ta’ala berfirman, “Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan sore. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman” (QS. Al-Ahzab: 42-43).


“Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di sore hari dan waktu kamu berada di waktu pagi hari” (QS. Ar-Rum:17).


Dalam hadis Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, rasulullah bersabda:

" Aku duduk bersama orang-orang yang berzikir kepada Allah mulai dari (waktu) sholat Shubuh hingga terbit matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak dari putra Nabi Ismail AS. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berzikir kepada Allah mulai dari (waktu) sholat Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak."


Mendapat perlindungan Allah 

Manfaat dzikir pagi dan petang yang pertama adalah mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Orang yang senantiasa memuji kebesaran Allah akan selalu terlindung dari keburukan. Dzikir juga bisa membuka pintu keselamatan dunia akhirat.


Dalam hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu disebutkan bahwa barangsiapa yang mengucapkan dzikir ini di sore hari sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan mendapat bahaya racun di malam tersebut. (HR. Ahmad 2/290).


Mendekatkan diri pada Allah

Berdzikir merupakan salah satu amalan yang paling disukai Allah SWT. Dalam sebuah hadis berbunyi:

“Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, Para Sahabat yang hadir berkata: “Mau (wahai Rasulullah)!” Beliau bersabda: “Dzikir kepada Allah Yang Mahatinggi.” (HR. At-Tirmidzi no. 3377). Berdzikir juga bisa mengingatkan diri pada kehidupan setelah kematian, dan membuat selalu ingat akan kebesaran-Nya.

Akan Dicukupi Segala Kebutuhannya

Berdzikir bisa membuka pintu rezeki. Ini membuat segala urusan dunia dan akhirat terasa lancar dan mudah dilalui. Saat berdzikir, Anda akan merasa selalu bersyukur dengan segala apa yang telah dimiliki. Ini membuat hati selalu merasa cukup dan jauh dari perasaan tamak dan serakah.


Dijanjikan Masuk Surga

Karena termasuk amalan yang disukai Allah SWT, berdzikir tentunya memiliki ganjaran yang luar biasa. Siapa pun yang berdzikir setiap harinya akan dijanjikan surga oleh Allah.


Dari Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum shubuh, maka ia termasuk penghuni surga." (HR. Bukhari (7/150, no. 6306).

Salah satu amalan yang disenangi Rasulullah

Berdzikir juga merupakan amalan yang disukai Rasulullah. Rasulullah tidak pernah melewatkan dzikirnya setiap hari. Inilah mengapa dzikir menjadi salah satu sunah rasul yang dianjurkan oleh umat muslim.


Memberi ketenangan

Berdzikir bisa membuat umat muslim merasa tenang hatinya. Saat berada di dekat Allah SWT, hati akan selalu merasa tenang dan damai.


Ini sesuai dengan ayat Al Quran yang berbunyi:

“…Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’d: 28).


Maka waktu dzikir pagi yang dianjurkan dimulai sejak tibanya waktu Subuh hingga matahari terbit. Sementara zikir sore atau petang dimulai sejak masuknya waktu Asar hingga matahari terbenam. Pada waktu tersebut umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak zikir dan mendekatkan diri pada Allah SWT.


Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Qaf ayat 39 yang artinya sebagai berikut.

" Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya)." (HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN