Inspira TV - Beriklan TV Digital

Menhub Tegaskan Ancaman Corona Bukan Hambatan Tuntaskan Proyek KCIC

Agustian Putera

24 February, 2020 11:38 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Menhub Tegaskan Ancaman Corona Bukan Hambatan Tuntaskan Proyek KCIC

Foto : Google.com

KAB. BANDUNG,- Pemerintah Indonesia melalui Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi menyatakan, jika ancaman Virus Corona atau Covid-19 tidak berpengaruh terhadap pengerjaan proyek strategis nasional Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC).


"Bahwa masalah adanya Corona, sejauh ini masih bisa diatasi," kata Budi didampingi Direktur KCIC Chandra Dwiputra, saat meninjau lokasi pengerjaan proyek strategis nasional KCIC di Kawasan Cileunyi-Rancaekek Kabupaten Bandung, Senin (24/2/2020).


Budi mengatakan tenaga kerja dalam proyek ini berkolaborasi antara tenaga kerja di Cina dan Indonesia.  "Saya lihat sendiri, mereka kerjasama mulai dari level direksi sampai lebel supervisor saat melaksanakan pekerjaan terowongan empat," kata Budi.


Ia pun mengatakan, pengerjaan KCIC ditargetkan selesai Desember 2021 mendatang, sehingga pengerjaannya pun dilaksanakan secara ontime.


"Bapak Presiden pun menginstruksikan kepada saya, pengerjaannya untuk alih teknologi," lanjutnya.


Ia mengungkapkan sejauh ini proyek KCIC sudah mencapai tahap 44 persen. Budi melanjutkan, proyek KCIC itu dalam pengadaan anggarannya melibatkan pihak swasta Indonesia dan swasta Cina. Keterlibatan pihak swastatersebut, agar proyek strategis nasional yang sedang dikerjakan saat ini, khususnya dalam pengadaan anggaran tidak terlalu membebankan kepada APBN.


"Bayangkan Rp 83 triliun masuk ke Indonesia dari swasta, untuk membangun proyek strategis nasional ini," tuturnya,


Ia mengatakan, dengan adanya anggaran masuk sebesar itu bisa menggerakkan kegiatan konstruksi, dan alih teknologi dalam pengerjaannya.


"Proyek ini secara tidak langsung membangkitkan ekonomi masyarakat," tandasnya. (MSN)

You can share this post !