INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Pentingnya Mengenalkan Pendidikan Agama Kepada Anak Sejak Dini

25 June, 2020 11:13 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Pentingnya Mengenalkan Pendidikan Agama Kepada Anak Sejak Dini

Foto: Istimewa

DI ERA saat ini, pendidikan anak tak hanya tentang keterampilan, kecerdasan dan kemampuan yang bersifat duniawi saja. Anak-anak juga harus dibekali dengan ilmu agama yang kuat agar bisa menjadi bekal saat dewasa.


Bila bekal agama cukup dan kuat, nantinya anak akan bisa membedakan mana yang benar dan mana salah. Anak-anak pun kelak bisa menjaga dirinya dari segala sesuatu yang membahayakan dirinya.


Saat ini tidak sedikit anak-anak yang terjerumus ke pergaulan bebas karena bekal ilmu agamanya yang kurang. Penting bagi setiap orang tua untuk selalu menjaga, merawat dan mengawasi aktivitas anak setiap harinya.


Sama seperti ilmu pelajaran saat di sekolah, ilmu agama mengajarkan kebaikan dan memberi manfaat yang luar biasa bagi kecerdasan anak. Melalui agama, anak bisa mengenal berbagai kebaikan dari yang paling dasar hingga yang paling tinggi tingkatannya. Melalui ilmu agama, anak-anak bisa menjaga diri dan menjauhkan diri dari hal-hal yang dilarang.


Ajarkan anak dengan cara yang baik, ramah dan tidak terlalu menuntut. Selama mengajarkan ilmu agama ini, pastikan bahwa orang tua juga memahami apa yang diajarkan.


Melalui pelajaran agama, anak akan dikenalkan pada Allah SWT. Yakinkan pada anak bahwa Allah itu ada dengan mengenalkan kebesaran-kebesaranNya. Ceritakan pula kisah-kisah inspiratif yang lahir dari agama masing-masing.


Jelaskan pada anak bahwa apa yang ada di bumi, yang ada di sekitar dan semua hal lainnya adalah ciptaan-Nya. Misalnya, kenalkan anak pada hembusan angin, air di sungai, burung-burung, turunnya hujan, adanya gunung-gunung, langit, bintang, manusia, bunga dan lainnya sebagai wujud kebesaran Allah SWT. 


Dengan pengetahuan ilmu agama yang cukup, sadar atau tidak hal ini akan membentuk karakter anak di masa depan. Seorang anak yang telah dibekali ilmu agama cukup saat usianya masih dini, ketika dewasa umumnya ini akan membuatnya bisa memahami dirinya sendiri.


Ini juga membuatnya tak mudah terpengaruh dengan nilai-nilai negatif yang ada di sekitarnya. (HAP)

You can share this post !