INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Ini Golongan Penghuni Surga yang Perlu Kamu Ketahui

25 June, 2020 16:09 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Ini Golongan Penghuni Surga yang Perlu Kamu Ketahui

Foto: Ilustrasi

SURGA adalah tempat yang didambakan oleh semua Muslim. Surga yang diciptakan oleh Allah SWT terdapat segala nikmatnya yang begitu dahsyat. Dan di sanalah tempat terakhir bagi seorang manusia yang kekal. 


Lalu siapa sajakah yang pantas untuk menjadi penghuni surga-Nya? Bagaimana caranya? Semua jawaban tersebut, mulai dari gambaran bentuknya sampai penghuninya di jelaskan dalam Firman-firman Allah subhanahu wa ta’ala dan As Sunnah.


Berikut penjelasan penghuni surga yang dijelaskan dalam buku Ensiklopedia Islam Al Kamil yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah At Tuwaijiri,


1. Orang yang beriman dan beramal saleh


Penghuni surga yang pertama adalah mereka yang beriman kepada Allah subhanahu wa ta’ala, kitab-Nya, dan Rasul-Nya. Dan mereka yang senantiasa melakukan amal saleh selama hidupnya, merekalah orang-orang yang pantas dan akan masuk surga oleh Allah subhanhau wa ta’ala.


Firman Allah subhanahu wa ta’ala,

“Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya.”(QS. Al Baqarah: 82)


2. Penguasa yang adil, lelaki yang penuh kasih sayang, dan orang yang senantiasa menjaga harga dirinya


Dari Iyadh bin Himar radhiyallahu anhu, Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda,

“Penghuni surga ada tiga macam: penguasa yang adil, yang bersedekah dan diberi taufik; lelaki yang penuh kasih sayang, hatinya lembut bagi setiap kerabat dan orang Muslim; dan orang yang menjaga harga diri dan kebersihan jiwa yang memiliki tanggungan (anak dan istri).”(HR. Muslim)


3. Orang yang bersikap lemah saat bersumpah


Orang yang bersikap lemah dan tak berdaya di hadapan Allah subhanah wa ta’ala. Orang yang selalu merendahkan dan menghinakan dirinya karena ia hanyalah seorang hamba-Nya.


Dari Harits bin Wahb radhiyallahu anhu, ia mendengar Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda,


“Maukah kalian kukabarkan tentang penghuni surga?” Mereka berkata, “Ya” Beliau bersabda, “Setiap orang lemah yang bersikap lemah jika ia bersumpah, niscahya Allah akan mengabulkan kebaikan sumpahnya.”(HR. Bukhari dan Muslim)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN

INSPIRA HALAL
7 Tips Supaya Kamu Kecanduan Sholat

12 September, 2020 | 15:05 WIB