INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Meski "Stay At Home", Tetap Atur Kehamilan

28 June, 2020 01:03 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Meski

Foto: Bobby Roska /Inspira.tv Peringatan HKN Ke 27 di kantor BKKBN Jabar, Sabtu (27/06/2020).

BANDUNG, INSPIRA.TV,- Tingginya angka kehamilan di tengan situasi pandemi Covid-19, akibat kebijakan stay at home (di rumah saja).  Begitu pula terbatasnya akses pelayanan keluarga berencana salah satu faktor tingginya angka kehamilan.


"Faktor dari stay at home  dan keterbatasan akses masyarakat untuk mendapat pelayanan program keluarga berencana,  menyebabkan angka kehamilan yang tidak diinginkan," ujar kusmana, Kepala Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat, saat memperingati hari keluarga nasional yang ke 27 di jalan Surapati No.122, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, kepada Inspira.tv Sabtu (27/6).


Dari data yang didapat pihak BKKBN Jawa Barat, sambung Kusmana, banyak warga masyarakat yang tidak dapat memperoleh program keluarga berencana secara optimal. Seperti pada masa PSBB sebagian besar masyarakat berdiam diri di rumah.

 

Kusmana mengajui, keterbatasan akses untuk melakukan program perencanaan keluarga, disebut sebagai salah satu faktor utama yang membuat tingkat kehamilan di tengah pandemi Covid-19 meningkat.

 

"Melihat fenomena ini, kami pihak BKKBN akan melakukan pelayanan Keluarga Berencana (KB) Sejuta Akseptor, dengan pelayanan dan sarana yang berkualitas. Ini tersebar di seluruh Jawa Barat dan hasilnya akan dilaporkan pada tanggal 29 juni 2020 mendatang," kata Kusmana.


Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19, BKKBN mengajak warga masyarakat untuk senantiasa melakukan perencanaan yang matang terkait keberlangsung hidup berkeluarga.

 

Pada kesempatan memperingati Hari Keluarga Nsional ke-27 ini, Kusmana menyinggung makna angka 27 layaknya angka kedewasaan dan kematangan.


"Seperti halnya angka 27 (peringatan HKN-red) ini angka cantik ya, karena angka 27 ini menunjukkan kedewasaan, kematangan,  dan juga merupakan tanda masyarakat menginjak masa reproduksi," ujar Kusmana. (BOB/WOK)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN