INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Jokowi Ancam Reshuffle, Yunarto: Jarang Kasih Kode Keras Begini

29 June, 2020 10:12 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Jokowi Ancam Reshuffle, Yunarto: Jarang Kasih Kode Keras Begini

Foto: Dok. Setkab

JAKARTA INSPIRA.TV,- Ancaman reshuffle kembali mencuat setelah muncul video Presiden Jokowi  yang memarahi para menterinya, dirilis akun Youtube Sekretariat Presiden. Dalam video itu, muncul peringatan reshuffle kabinet terhadap jajaran menteri di kabinetnya jika tak punya gebrakan di tengah pandemi corona. 


Tak sedikit publik yang menangkap sinyal keras ini, termasuk pengamat politik Yunarto Wijaya yang turut menganalisis kekesalan Jokowi soal ancaman reshuffle tersebut. 


Dalam cuitan di akun twitternya, Yunarti menilai Jokowi jarang kasih kode keras seperti dengan video arahan dalam siang kabinet.


"Jarang-jarang loh Jkw kasih kodenya se-eksplisit dan sekeras ini," tulis Yunarto di akun Twitternya, @yunartowijaya yang dikutip pada Senin, 29 Juni 2020.


Menurut Yunarto kejadian resfuffle bisa saja terjadi sebelum agenda pidato kenegaraan Jokowi pada 16 Agustus 2020. Momen setiap 16 Agustus biasanya Jokowi menyampaikan pidato APBN 2020 yang bertepatan dengan sidang tahunan MPR,DPR, dan DPD.


"Bisa-bisa sebelum pidato 16 agustus ini kejadian," kata Yunarto. 


Dalam cuitannya Yunarto juga menambahkan, "Yang paling menarik dari video marahnya jokowi dan mengeluarkan kalimat "resshuffle", adalah ketika setkab memutuskan untuk mengeluarkan video itu ke publik... Marah yg disimpan internal dgn yg dibuka ke publik ya jelas beda maknanya... #analisissoktau", demikian yang tertulis dalam akunnya. 


Sebelumnya Jokowi menyampaikan kritiknya terhadap kinerja menterinya dalam sidang kabinet paripurna di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis 18 Juni 2020. Sidang kabinet tersebut dihadiri oleh para menteri kabinet Indonesia Maju.


 Video tersebut lalu diunggah di akun Youtube Sekretariat Presiden pada Minggu, 28 Juni 2020. (HAP)

You can share this post !