INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Manfaat Shalat Sunnah yang Perlu Kamu Ketahui

29 June, 2020 12:12 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Manfaat Shalat Sunnah yang Perlu Kamu Ketahui

Foto: Istimewa

SALAT merupakan termasuk rukun islam yang kedua, yang sangat memiliki peranan penting bagi umat islam, yang diawali dengan gerakan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Tak hanya bersifat wajib, ada juga‚Äč shalat yang sifatnya sunnah.


Setiap sesuatu yang diwajibkan oleh Allah pasti ada manfaatnya, begitupun setiap sesuatu yang diharamkan pasti ada madhorotnya.


Dan begitu juga dengan salat, salat adalah salah satu ibadah yang diwajibkan oleh Allah bagi setiap muslim yang tentunya pasti ada manfaatnya, baik pahala, kesehatan bagi jasmani, maupun rohani.


Oleh karena itu, yang wajib jangan sampai ditinggalkan dan yang haram juga jangan sampai dikerjakan kecuali dalam keadaan darurat atau terpaksa.


Macam-Macam Shalat Sunah


1. Shalat Tahajud

Salah satu salat sunah yang dikenal memiliki manfaat yang luar biasa yaitu sholat tahajud. Salat sunah ini dilaksanakan pada malam hari dengan didahului tidur terlebih dulu.

Waktu terbaik untuk mengerjakan salat tahajud yaitu pada sepertiga malam terakhir. Anda dapat mengerjakan salat tahajud dengan paling sedikit 2 rakaat.


2. Shalat Dhuha

Salat dhuha merupakan sholat sunnah yang dikerjakan di pagi hari. Salat sunah ini dapat dilakukan sejak matahari mulai naik hingga mendekati pukul 12.00.


3. Shalat Istiqoroh

Bimbang dan galau kerap menghampiri banyak orang. Sebagai seorang muslim atau muslimah, tentu saja jalan yang dapat ditempuh untuk mendapatkan petunjuk yaitu dengan beribadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala.


Anda dapat melakukan salat istiqoroh untuk meminta petunjuk dan jalan keluar pada Allah subhanahu wa ta'ala.


4. Shalat Witir

Macam-macam salat sunah selanjutnya yaitu salat witir. Salat Witir merupakan salat sunah yang dapat dilakukan setelah isya' hingga sebelum subuh. Salat witir dikerjakan dengan jumlah yang ganjil (witir), dengan pengerjaan minimal 1 rakaat. (HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN