INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Covid-19 di Kota Bandung Berangsur Turun, Pemkot Putuskan Terapkan AKB

29 June, 2020 15:16 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Covid-19 di Kota Bandung Berangsur Turun, Pemkot Putuskan Terapkan AKB

Foto : Istimewa / Doc Humas Pemkot Bandung

BANDUNG INSPIRA.TV,- Wali Kota Bandung Oded M Daniel memutuskan untuk memberlakukan AdaptasiKebiasaan Baru (AKB). Hal ini didasari dari data Covid-19 di Kota Bandung yang berangsurmenurun.  

 

Meski diklaim mengalami penurunan, namun Pemkot Bandung tetap melakukan pelacakan terhadap warganya dari wabah virus yang berasal dar Wuhan, Cina. Pelaksanaan rapid test di Kota Bandung sudah mencapai 21.340 rapid test, artinya Pemkot Bandung sudah melakukan test sebanyak 0.86 persen penduduk, itu melebihi standar 0.6 persen. 

 

“Sedangkan pengetesanPCR sudah mencapai 0.42 persen atau 10.457 spesimen,” ujar Oded di Balai Kota Bandung, Senin (29/6/2020). 

 

Meski sudah melebihi target, Mang Oded memastikan pemeriksaan tetap akan digencarkan. Selain itu, 80 Puskesmas se-Kota Bandung sudah bisa melakukan swab test atau Polymerase Chain Reaction (PCR), seiring kehadiran laboratorium Biosafety Level – 2 (BSL-2).

 

Laporan terbaru Oded menyebutkan penurunan data bukan hanya kasus positif saja namun jugaangka reproduksi yang tetap bertahan di bawah angka satu. 

 

“Hari ini kasus positifmenurun dari 5.6 orang perhari menjadi 2.2 orang perhari. Angka reproduksi kitaberada pada 0.53 berdasarkan hasil penghitungan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat,” tutur Oded.

 

Lebih lanjut Oded menuturkan, dari periode sebelumnya angka kesembuhan di Kota Bandung sebesar 62.98 persen. data terbaru per tanggal 25 Juni 2020 mengalami peningkatan sebanyak 13.4 persen. Angka kesembuhan juga berbanding lurus dengan menurunya ruang perawatan yang dihuni di rumah sakit.

 

Termasuk juga menurunya tenaga kesehatan yang mulai meninggalkan rumah singgah lantaran sudah tidak lagi menangani pasien Covid – 19. (MSN)

You can share this post !