INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

8 Pahala Memelihara Kucing yang Istimewa

30 June, 2020 10:17 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - 8 Pahala Memelihara Kucing yang Istimewa

Foto: Pixabay

KUCING merupakan salah satu hewan lucu dan termasuk dalam hewan yang istimewa di dalam Islam, karena merupakan hewan peliharaan Nabi Muhammad SAW yang sangat Beliau sayangi.


Banyak orang yang masih merasa takut untuk memelihara kucing karena bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Akan tetapi, semua makhluk yang diciptakan Allah di muka bumi ini tentunya mempunyai kegunaannya masing-masing seperti halnya dengan kucing.


Meskipun ada sisi negatif dari hewan lucu ini seperti mencuri ikan di atas meja atau membuang kotoran, namun ternyata kucing juga memiliki keistimewaan dan bagi orang yang memelihara kucing juga akan memperoleh pahala 


1.      Menjadi Timbangan Kebaikan Saat Kiamat

Seseorang yang memelihara kucing ataupun binatang lainnya dalam jalan Allah dengan penuh Iman pada Allah dan meyakini akan kebaikan yang diberikan-Nya, maka kebaikan yang sudah diberikan pada hewan tersebut, seperti memberi makan hewan tersebut dan membuang kotorannya, kelak akan ditimbang sebagai kebaikan di hari kiamat.


2.      Melatih Sikap Empati

Dengan memelihara kucing, maka akan melatih sifat empati pada seseorang. Selain itu anak kecil yang dalam masa perkembangannya dikelilingi oleh kucing, maka ia akan menjadi anak yang mudah berempati dan penuh kasih sayang serta selalu memiliki pertimbangan atas apa yang dilakukan, yakni memberikan dampak baik atau dampak buruk.


3.      Mendapatkan Rahmat di Hari Kiamat

Seseorang yang menyayangi hewan seperti kucing dan hewan lainnya termasuk hewan sembelihan sekalipun, maka akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT di hari kiamat nanti. “Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada Hari Kiamat.” (HR. Bukhari).


4.      Mendapat Ampunan dan Ridha Allah

Dari Syeikh Dr.Muhammad Luqman dalam syarahnya di kitab Adabul Mufrod menyebutkan jika setiap muslim memang sudah dianjurkan untuk selalu berbuat baik pada semua hewan seperti kucing agar kelak nantinya bisa mendapat ampunan dan juga ridha dari Allah Ta’ala.


5.      Merupakan Sedekah

Umat muslim sangat dianjurkan untuk memelihara, memberi makan dan juga minum pada hewan seperti kucing khususnya saat hewan tersebut sedang lapar dan haus sebab akan jadi berdosa jika membuat hewan tersebut menderita. Dengan memelihara kucing tersebut, maka sudah dijadikan sedekah bagi orang tersebut.


6.      Dosa Diampuni

Seorang muslim juga sangat disarankan untuk menolong hewan khususnya pada hewan yang menderita termasuk anjing sekalipun. Ini membuat umat muslim tidak memiliki pengecualian untuk menolong binatang, karena tujuannya sangat mulia yakni tidak membiarkan hewan tersebut menderita. Dengan memelihara kucing contohnya, maka perbuatan dosa orang yang menolong hewan tersebut akan diampuni.


7.      Tidak Memiliki Banyak Kuman

Seperti yang kita ketahui, hewan kucing tidak menyukai air. Apabila dilihat dari fakta, air merupakan wadah subur bertumbuhnya kuman. Inilah yang menyebabkan seluruh permukaan tubuh kucing tidak memiliki jenis kuman karena kucing merupakan hewan yang takut air. Ini membuat kucing diperbolehkan dipelihara dalam Islam karena tidak memiliki kuman di tubuhnya.


8.      Kucing Bukan Hewan Najis

Allah sendiri sudah meniadakan najis pada kucing. Oleh karena itu meskipun kucing sudah memakan sesuatu yang najis seperti bangkai dalam jumlah sedikit ataupun banyak, maka menurut kemutraqan ucapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah kucing tetap bukan hewan yang najis. (HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN