INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Sempat Terpuruk, Rupiah Selasa Pagi Menguat Tipis

30 June, 2020 10:38 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Sempat Terpuruk, Rupiah Selasa Pagi Menguat Tipis

Foto: Istimewa

JAKARTA INSPIRA.TV,-  Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa (30/6) pagi bergerak menguat 0,53% menjadi Rp 14.170 per dolar AS.


Penguatan rupiah ini salah satunya dipicu oleh sentimen global, khususnya komentar Bank Sentral AS, The Fed yang masih akan mempertahankan suku bunga rendah. 


Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan Kekhawatiran pasar terhadap peningkatan penyebaran virus Covid-19 masih belum sirna.


Namun pernyataan Gubernur The Fed yang berencana mempertahankan suku bunga rendah dalam waktu lama akan menambah sentimen positif asset berisiko.


 Kebijakan tersebut ditempuh bank sentral AS guna mempercepat pemulihan ekonomi Negeri Paman Sam selama pandemi. Di sisi lain, sentimen positif juga datang dari data indeks manufaktur dan non-manufaktur  Tiongkok periode Juni yang menunjukan peningkatan. 


“Tarik menarik sentimen positif dan negatif ini bisa membuat rupiah bergerak mengalami pelemahan atau penguatan yang tipis hari ini,” jelas Ariston.


Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.150 per dollar AS sampai dengan Rp 14.300 per dollar AS. (HAP)


You can share this post !