INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Gempa Bumi Tektonik 4,5 SR Guncang Padang Panjang

30 June, 2020 11:03 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Gempa Bumi Tektonik 4,5 SR Guncang Padang Panjang

Foto: Ilustrasi

PADANG INSPIRA.TV,- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Sumatera Barat, melaporkan telah terjadi gempa bumi dengan magnitudo 4,5 SR mengguncang Padang Panjang, Sumatera Barat, pada Selasa (30/6) pukul 00.40 WIB.


"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=4.5. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0.40 LS dan 100.42 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 km arah Timur Laut Padang Panjang, pada kedalaman 10 km," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang, Mamuri saat dihubungi dari Padang, Selasa, dikutip dari Antaranews.com.


Ia mengatakan gempa tersebut dirasakan di Padang Panjang III-IV MMI, Bukittinggi Agam III MMI, Padang Pariaman, Pariaman III, dan Padang II MMI.


"Berdasarkan hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan adanya gempa susulan," ujar dia.


Menurut dia, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar sianok.


Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.


"Berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar dia.


Ia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (HAP)


You can share this post !