INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Ini Kumpulan Hadist Tentang Keajaiban Shalat Dhuha

01 July, 2020 09:45 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Ini Kumpulan Hadist Tentang Keajaiban Shalat Dhuha

Foto: Faisal Maulida

SEBAGAI seorang muslim, memang begitu banyak jenis shalat sunnah yang bisa kita laksanakan sebagai pelengkap shalat fardu. Sebut saja tahajjud, hajad, tarawih dan sebagainya.


Diantara banyaknya ibadah sunnah tersebut, ada satu amalan yang sangat dianjurkan rasul pada hambanya yang ingin dilancarkan rezekinya. Amalan tersebut adalah shalat dhuha.


Menurut sumber Wikipedia, waktu dhuha adalah waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi) hingga waktu dzuhur.

 

Shalat Dhuha merupakan shalat sunnah yang dianjurkan untuk kita kerjakan. Siapa sangka, banyak yang belum mengetahui dahsyatnya keajaiban dan manfaat yang akan kita rasakan, inilah beberapa hadist dan riwayat yang menjelaskan keutamaan dhuha yang dilansir alexanews.id:

 

Pertama, orang yang shalat Dhuha akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah. “Barangsiapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.”(HR. Tirmidzi)

 

Kedua, barangsiapa yang menunaikan shalat Dhuha ia tergolong sebagai orang yang bertaubat kepada Alah. “Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat Dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat.” (HR. Hakim).

 

Ketiga, orang yang menunaikan shalat Dhuha akan dicatat sebagai ahli ibadah dan taat kepada Allah. “Barangsiapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

 

Keempat, orang yang istiqamah melaksanakan shalat Dhuha kelak ia akan masuk surga lewat pintu khusus, pintu Dhuha yang disediakan oleh Allah. “Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu Dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, ‘Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat Dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala.” (HR. At-Thabrani).

 

Kelima, Allah menyukupkan rezekinya. “Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu.” (HR. Abu Darda`).

 

Keenam, orang yang mengerjakan shalat Dhuha ia telah mengeluarkan sedekah. “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha.” (HR Muslim).

 

Shalat Dhuha mempunyai kedudukan mulia salah satunya Allah cukupkan rezeki dan datangkan keberkahan untuk kehidupan kita setiap harinya, itulah mengapa sangat disunnahkan untuk kita kerjakan sejak terbitnya matahari sampai menjelang datangnya shalat dzuhur. (FSL)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN