INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Kantong Plastik Sekali Pakai Tidak Boleh Digunakan Lagi Berlaku Mulai Hari Ini

01 July, 2020 12:59 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Kantong Plastik Sekali Pakai Tidak Boleh Digunakan Lagi Berlaku Mulai Hari Ini

Foto: Ilustrasi

JAKARTA INSPIRA.TV,- Kantong plastik sekali pakai tidak boleh digunakan lagi di DKI Jakarta mulai hari ini, Rabu 1 juli 2020. Pengelola pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat diwajibkan menggunakan kantong belanja ramah lingkungan.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih mengatakan keputusan ini berdasarkan Peraturan Gubernur  Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

 

"Secara bertahap kita mulai dari pembatasan kantong plastik sekali pakai atau kresek," kata Andono, Rabu (1/7).

 

Dari data Pemprov DKI Jakarta, sampai saat ini jumlah sampah di TPST Bantargebang sudah mencapai 39 juta ton, dan 34% di antaranya sampah plastik.

 

"Sampah plastik jadi persoalan di TPST karena jenis kantong kresek tidak laku dipengepul. Apalagi membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk terdekomposisi secara alamiah," jelasnya.


Pemprov DKI juga sudah menyosialisasikan mengenai larangan ini. Di antaranya dengan sosialisasi langsung ke 85 lokasi pusat perbelanjaan atau mall, 2.000 lebih toko swalayan, dan 158 pasar rakyat. (HAP/Job-01)

‚Äč

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN