INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Pentingnya Bersedekah di Tengah Pandemi

01 July, 2020 13:28 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Pentingnya Bersedekah di Tengah Pandemi

Foto: Ilustrasi

Ditengah pandemi Covid-19, banyak umat Islam yang dilanda kekhawatiran dan ketakutan untuk bepergian ke luar rumah. Sebab, untuk mencegah penularan virus corona ini, kita memang perlu menerapkan physical distancing atau membatasi jarak fisik dengan orang lain.


Meski tengah berada dalam kondisi seperti ini, ada baiknya sebagai umat Islam kita tidak merasa takut berlebihan, apalagi merasa tertekan. Sebab, seperti dikutip dari Muslim Hands, selama kita percaya dan melakukan perbuatan baik, kita tidak akan kehilangan apa pun. Bahkan, jika kita terisolasi atau menjadi korban pandemi ini, dengan terus berbuat baik, kita akan mendapatkan keridaan dan pahala dari Allah SWT.


Bersedekah atau beramal menjadi salah satu cara berbuat baik terhadap sesama. Apalagi, di tengah pandemi corona seperti ini, penting bagi kita sebagai umat Islam untuk terus bersedekah kepada yang membutuhkan. Bersedekah sendiri memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita di dunia maupun di akhirat.


Kira-kira apa saja manfaatnya?


1. Bersedekah atau beramal melindungi kita dari kesulitan

Tak ada salahnya jika kita menyisihkan sebagian rezeki yang kita  miliki untuk diberikan kepada yang membutuhkan. Sebab, bersedekah dapat melindungi diri kita dari cobaan dan kesengsaraan di dunia. Bersedekah ternyata tak hanya berkaitan dengan materi, tersenyum pada orang lain atau membuatkan secangkir teh hangat untuk orang yang kita cintai ternyata juga masuk ke dalam amal bersedekah.


2. Beramal meningkatkan kekayaan kita

Nabi Muhammad SAW mengatakan, amal tidak akan mengurangi kekayaan kita (HR Muslim). Ya, ini menjadi salah satu pengingat yang sangat penting bahwa apa pun yang Anda berikan di jalan Allah tidak akan pernah rugi dan membuat kita miskin. Karena hal itu tidak akan pernah mengurangi apa yang sudah kita miliki saat ini. Malahan, beramal, bersedekah, atau berzakat sebenarnya akan meningkatkan kekayaan kita


3. Dengan bersedekah, Allah akan penuhi kebutuhan kita

"Siapa pun yang memenuhi kebutuhan saudaranya, maka Allah akan memenuhi kebutuhannya' (HR Bukhari). Ya, mungkin pada saat ini kita memang sibuk mengurus kebutuhan diri sendiri dan keluarga di rumah tanpa memikirkan nasib orang lain yang ada di luar sana. Padahal, masih banyak orang di luar sana yang membutuhkan bantuan kita.


4. Bersedekah dapat melindungi kita bahkan dalam alam kubur

Rasulullah SAW pernah berkata bahwa 'sesungguhnya, amal akan melindungi orang dari panasnya alam kubur' (HR Tabarani). Oleh karena itu, bersedekah tak hanya bermanfaat untuk kehidupan kita di dunia saja, tapi juga dapat melindungi kita dari siksa di alam kubur.


5. Sedekah bisa menjadi penggugur dosa

Bersedekah rupanya juga dapat menghapus atau menggugurkan dosa yang kita miliki. Jika diibaratkan sama halnya dengan air yang dapat memadamkan api. Bahkan, dengan melakukan perbuatan baik (beramal, bersedekah, atau berzakat) dapat menjauhkan diri kita dari siksa api neraka. Dan yang penting untuk diingat adalah, berikanlah amalan kita itu dengan niat yang baik dan tulus.


6. Bersedekah adalah salah satu jalan menuju pintu surga

Selain dapat melindungi kita dari marabahaya di dunia, penghapus dosa-dosa, dan melindungi kita di alam kubur, bersedekah juga menjadi salah satu jalan menuju pintu surga. Bersedekah bisa menjadi investasi yang paling baik jika kita dapat melakukannya.


7. Bersedekah adalah bukti iman kepada Allah

Pandemi virus corona yang sedang terjadi ini menjadi salah satu ujian yang diberikan oleh Allah SWT. Jika kondisi ini membuat kita lebih sabar, murah hati, mendekatkan diri kepada Allah, maka itu akan menjadi sumber rahmat dan pahala untuk diri kita sendiri. (HAP/JOB-02)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA HALAL LAINNYA