INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Jangan Lupa Mulai Hari Ini Keluar Masuk Jakarta SIKM Wajib Dibawa

01 July, 2020 14:49 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Jangan Lupa Mulai Hari Ini Keluar Masuk Jakarta SIKM Wajib Dibawa

Foto : Ilustrasi

JAKARTA INSPIRA.TV,- Memasuki fase new normal atau kehidupan baru setelah melewati fase diam di rumah selama pandemi Covid-19, aktifitas masyarakat di luar kembali bergeliat. Ibukota Jakarta sebagai pusat pemerintah hingga pusat bisnis, kembali menjadi tujuan.

 

Tak sedikit warga yang yang masuk dan keluar dari Jakarta kini mendapatkan pemeriksaan dari petugas di lapangan. Untuk masuk wilayah Jakarta tidak semudah dulu. Masyarakat yang ingin masuk wajib harus mengantongi Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM). Syarat itu menjadi mutlak agar bisa keluar atau masuk ke wilayah Jakarta.

 

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tetap diberlakukan meski Jakarta tak lagi memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah berakhir.

 

SIKM jadi syarat mutlak dan berlaku selama Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) belum dicabut. Aturan wajibnya mengantongi SIKM ini dimulai pada hari Rabu 1 Juli 2020.

 

Keputusan itu bertujuan untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta terhadap keterpaparan virus SARS-CoV-2.

 

Dari laman BNPB dan corona.jakarta.go.id, SIKM disebut memiliki dua jenis yakni bersifat perjalanan berulang dan yang bersifat perjalanan sekali.

 

Untuk perjalanan berulang, mereka yang bekerja di luar wilayah Jabodetabek harus melengkapi surat keterangan bekerja. Selain itu, juga harus memiliki surat keterangan memiliki usaha di luar Jabodetabek yang diketahui pejabat berwenang dan menyertakan foto berwarna serta pindaian KTP.

 

Sementara warga domisili non DKI Jakarta, wajib menyertakan Surat keterangan dari kelurahan atau desa asal. Termasuk juga surat pernyataan sehat bermaterai, dan surat keterangan bekerja di DKI Jakarta dari tempat kerja.

 

Sementara untuk perjalanan sekali, jangan lupa menyertakan surat tugas dari instansi atau perusahaan tempat bekerja di Jakarta. Termasuk juga surat jaminan bermaterai dari keluarga atau tempat kerja yang berada di Provinsi DKI Jakarta yang diketahui Ketua RT setempat.

 

Syarat lainnya, harus Ada surat keterangan domisili tempat tinggal dari kelurahan di Jakarta untuk pemohon dengan alasan darurat yang diserta dengan Pas foto berwarna dan Pindaian KTP.

 

Untuk perjalanan sekali, warga yang berdomisili DKI Jakarta harus memiliki pengajuan wajib menyertakan Surat pengantar dari Ketua RT, yang diketahui Ketua RW.

 

Selain itu, harus ada surat pernyataan sehat bermaterai, serta melampirkan surat perjalanan dinas keluar Jabodetabek. (MSN)

You can share this post !