INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Tak Bisa Sembarang Orang, Ini Syarat Menjadi Imam Masjidil Haram dan Nabawi

02 July, 2020 10:42 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Tak Bisa Sembarang Orang, Ini Syarat Menjadi Imam Masjidil Haram dan Nabawi

Foto: Istimewa

IMAM Masjid di Saudi Arabia memang spesial, mereka bukan orang sembarangan, tapi umumnya mereka adalah orang yg memang betul-betul dipilih oleh pemerintah atau mufti setempat sebelum ditunjuk menjadi Imam Masjid.


Imam Masjid yang sudah ditunjuk biasanya adalah orang yang memang baik akhlaknya dan harus memiliki kedalaman ilmu agama, terlebih untuk Imam Masjid di Masjidil Haram-Mekkah atau Masjid Nabawi-Madinah. Sudah pasti melalui seleksi yang sangat ketat, baik ditinjau dari segi ilmu agama,pendidikkannya, maupun kualitas suara dan asal-usulnya.


Apabila Imam Masjid berhalangan hadir untuk memimpin sholat berjamaah, tidak sembarangan orang boleh menggantikan. Yang boleh menggantikan adalah orang yang sudah dipercaya oleh Imam Masjid itu sendiri. 


Sholat berjamaah di Saudi Arabia sudah merupakan kewajiban. Jadi jika Imam Masjid tersebut berhalangan memimpin sholat,maka orang yang ditunjuk adalah orang kepercayaan yagn sudah ditunjuk oleh Imam Masjid tersebut. Terkadang Muazim-nya atau orang-orang yang dianggap cukup ilmu agamanya.


Ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seorang Imam di masjidil Haram-Mekkah atau pun Masjid Nabawi - Madinah yang telah dirangkum Inspira.TV:

1.Hafal Al Quran

2. Berasal dari keluarga baik-baik

3. Mempunyai kedalaman ilmu agama

4. Mempunyai kedudukan terhormat dalam pandangan masyarakat setempat

5. Memili perilaku bijaksana dan alim

6. Memiliki suara yang merdu dan jelas. (HAP/JOB-02)

 

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA HALAL LAINNYA