INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Bersiaplah Indonesia! Jaringan 5G Tak Lama Lagi Bisa Segera Dinikmati

02 July, 2020 11:12 WIB | INSPIRA TEKNO

Inspira TV - Bersiaplah Indonesia!  Jaringan 5G Tak Lama Lagi Bisa Segera Dinikmati

Foto: Istimewa

BANDUNG INSPIRA.TV,- Bersiaplah Indonesia karena tak lama jaringan 5G rencananya tidak lama lagi bisa mulai dinikmati. Meski baru sekedar wacana, dan pada faktanya belum semua daerah di Indonesia memiliki akses 4G dengan baik, namun rupanya provider-provider jaringan selular di Indonesia sudah mulai berlomba untuk mengembangkan layanan ini sebagai salah satu produk mereka.


Jaringan 5G atau fifth generation (generasi kelima) adalah teknologi terbaru untuk telekomunikasi yang melebihi standar 4G. Teknologi terbaru ini baru direncanakan dirilis pada tahun 2020 dan diprediksi memiliki kecepatan hingga tiga kali lipat dari kecepatan generasi sebelumnya.


Sebelum 5G kita sudah terlebih dahulu mengenal beberapa jaringan. Yakni jaringan 1G yang bisa mengantarkan suara analog, 2G yang memperkenalkan kita pada suara digital, 3G yang membawa kita kepada data mobile dan 4G LTE yang mengantar kita pada era mobile internet.


Telkomsel menjadi provider terdepan yang telah menjajal jaringan 5G milik mereka pada gelaran Asian Games 2018 yang lalu. Jaringan Telkomsel 5G menggunakan spektrum 800 MHz sertsa kekuatan troughtput mencapai 16 Gbps. Sebagai gambaran, dengan kekuatan ini sebuah hardisk 16 Gb bisa didownload dengan waktu 1 detik saja.


Namun, meski Telkomsel sudah menjajal jaringan 5G di Indonesia milik mereka, masyarakat diperkirakan baru bisa menikmati jaringan 5G di Indonesia pada tahun 2021. Hal ini karena belum semua provider di Indonesia bisa menggunakan 5G. Demikian juga dengan ketersediaan perangkat yang menunjang 5G belum banyak. 


Meski Qualcomm sedang mengembangkan prosesor yang mampu menangkap sinyal 5G, namun urusan ketersediaan perangkat masih bergantung pada pabrikan-pabrikan. Mengingat Apple yang terkenal selalu berinovasi saja, tidak terlalu terlihat terburu-buru dalam menciptakan perangkat 5G milik mereka. (HAP/JOB-03)

You can share this post !