INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Manfaat Rempah-Rempah Bagi Kesehatan Tubuh

02 July, 2020 12:55 WIB | INSPIRA FOOD

Inspira TV - Manfaat Rempah-Rempah Bagi Kesehatan Tubuh

Foto: Istimewa

SEJAK zaman dulu, masyarakat Indonesia sudah menggunakan rempah-rempah untuk masakan sehari-hari maupun sebagai obat tradisional tertentu. Rempah-rempah tersebut mengandung banyak khasiat yang bisa melawan berbagai penyakit yang berasal dari virus, bakteri maupun jamur. 


Berikut beberapa jenis rempah-rempah serta manfaatnya yang telah Inspira.TV rangkum:


1. Kunyit 



Kunyit dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan stamina tubuh. Tak hanya itu, kunyit juga bisa mengurangi gejala flu dan melancarkan pernafasan. Manfaat lain dari rempah berwarna kuning ini, yakni mencegah radikal bebas dalam tubuh, melawan penyakit jantung, diabetes, menyembuhkan diare, serta menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Cara Pemakaian: Kunyit mentah bisa ditumbuk halus dan airnya disaring lalu diminum. Kunyit juga banyak dijadikan campuran mengolah makanan agar menghasilkan cita rasa yang lezat. 


2. Jahe


Jahe seringkali dijadikan campuran minuman karena menciptakan sensasi rasa hangat yang membuat nyaman tenggorokan dan perut. Jahe memang mampu mengurangi masalah pencernaan seperti kembung dan berangin. Jahr juga memiliki kandungan gingerol yang bisa mengatasi berbagai penyakit akibat peradangan. Selain itu jahe bisa mengurangi resiko kanker dan tumor, menghilangkan rasa sakit pada persendian, serta mengatasi mual dan demam. Cara pemakaian: Jahe bisa digunakan sebagai bahan campuran minuman atau ditumbuk kemudian digunakan untuk menyembuhkan sakit pada sendi.


3. Kayu Manis


Kayu manis atau yang sering dikenal dengan cinnamon juga bisa membantu mencegah radikal bebas dalam tubuh, mendorong nafsu makan untuk orang yang sedang sakit atau setelah sakit, meningkatkan produksi sel tubuh yang bisa membantu proses metabolisme, dan mengurangi resiko penyakit diabetes dan jantung. Cara Pemakaian :  Kayu manis bisa dijadikan bumbu masak atau memasukkan kayu manis dalam minuman hangat.


4. Pala 

 

Pala juga merupakan jenis rempah-rempah yang bisa mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang, melawan pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan gigi, melawan infeksi dalam tubuh, dan mengandung senyawa anti inflamasi yang bisa menurunkan resiko kanker dan melawan pertumbuhan tumor. Cara Pemakaian : tambahkan pala dalam hidangan sup atau jenis masakan lain atau menambahkan pala dalam ramuan minuman.


5. Jinten 

Jenis rempah-rempah yang satu ini mampu mendorong produksi zat besi dan mineral tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah flu dan demam, meningkatkan sistem ingatan dan mendorong reaksi otak, dan membantu mengelola ingatan terutama untuk orang lanjut usia. Cara Pemakaian: campurkan jinten bersama sup atau jenis masakan lain atau dengan sangrai jinten kemudian tumbuk haluk dan gunakan sebagai campuran minuman. (HAP/JOB-04)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA FOOD LAINNYA