INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Rahasia di Balik Sunnah Makan dengan 3 Jari

02 July, 2020 14:47 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Rahasia di Balik Sunnah Makan dengan 3 Jari

Foto: Istimewa

SALAH satu kebiasaan atau sunnah Rasulullah SAW dalam makannya, adalah  makan dengan tiga jari. Dalam hadist riwayat Ath-Thabarani disebutkan, bahwa makan dengan tiga jari adalah kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh Nabi ketika makan. Dan jarang sekali beliau makan dengan empat atau lima jari, kecuali jika memang harus menggunakan lebih dari tiga jari.


Dalam sebuah hadist shahih disebutkan, “Dan dari Ka’ab bin Malik Radhiyallahu Anhu, ia berkata, ‘Aku melihat Rasulullah Shalallahi Alaihi wa Sallam makan dengan tiga jari. Dan setelah selesai, beliau menjilati jari-jemarinya’.” (HR. Muslim)


Hal ini dikarenakan makanan yang sering dimakan beliau adalah makanan kering dan tidak berkuah. Dan, ini adalah sifat kesederhanaan beliau yang tidak suka hidup mewah dan makan makanan yang enak. S


Selain itu, sebagian makanan khas di tanah Arab dan di masa Nabi kala itu, banyak yang terbuat dari tepung kering dan minyak samin sehingga makannya pun memang lebih tepat jika menggunakan tiga jari, yaitu ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah.


Para ulama mengatakan, bahwa mengikuti kebiasaan Nabi makan dengan tiga jari ini, hukumannya tidak lebih dari sekedar istihbad atau disukai. Karena beliau sendiri sama sekali tidak pernah menyuruh para sahabatnya agar makan dengan tiga jari.


Sebab bagaimanapun juga, makan dengan tiga jari ini tidak lepas dari makanan yang dimakan seseorang. Akan terasa janggal, misalnya kita makan soto ayam yang berkuah dengan menggunakan tiga jari karena tentu lebih tepat, sekiranya kita makan soto dengan menggunakan sendok atau lima jari semuanya.


Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu berkata, “Adalah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, apabila beliau menjilati tiga jarinya.” (HR. Muslim).


Lalu apa sebenarnya rahasia di balik sunah tersebut? Sunah ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Mengapa Rasul makan dengan menggunakan tiga jari? 


Menurut penjelasan Imam Al-Ghazali, aktivitas makan ini dapat dinilai dari beberapa sudut, yaitu makan dengan menggunakan satu jari dapat menjadikan seseorang terhindar dari sifat marah. Makan dengan dua jari dapat menghindarkan seseorang dari sifat sombong. Makan dengan tiga jari dapat menghindarkan seseorang dari sifat lupa. Makan dengan tiga jari juga merupakan cara yang pas untuk mengukur porsi yang cocok bagi seseorang.


Makan menggunakan tangan jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan makan menggunakan sendok, karena dalam tangan terdapat suatu enzim yaitu enzim Rnase yang dapat menekan aktivitas bakteri pathogen.


Enzim Rnase banyak dihasilkan oleh 3 jari tangan, yaitu ibu jari, telunjuk dan jari tengah. Apabila Anda makan menggunakan 3 jari itu maka bakteri yang masuk dalam sistem pencernaan akan diikat oleh enzim Rnase sehingga aktivitas bakteri terhambat.


Tak hanya bakteri, tetapi juga berbagai virus berbahaya seperti virus RNA. Jadi, agar sistem pencernaan dan tubuh tetap sehat maka sebaiknya makan sesuai dengan sunnah Rasul. Menggunakan 3 jari dan menjilati jari-jari tersebut seusai makan. (HAP/JOB-02)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA HALAL LAINNYA