INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Yuk, ke Kampung Cai Ranca Upas

04 July, 2020 11:43 WIB | INSPIRA TRAVEL

Inspira TV - Yuk, ke Kampung Cai Ranca Upas

Foto: www.tempatwisatadibandung.info

CIWIDEY Bandung Selatan memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Ranca Upas atau bisa disebut dengan Kampung Cai Ranca Upas. Dulu destinasi yang dikelola oleh Perum Perhutani ini bernama Ranca Upas dengan daya tarik berupa tempat Kemah dan penangkaran rusa. Sesuai namanya Ranca yang berari rawa dalam bahasa sunda, Ranca Upas sendiri awalnya berupa hutan belantara dengan rawa-rawa yang luas dan kata Upas dalam bahasa sunda berarti penjaga.


Namun untuk menambah daya tarik para wisatawan kini ditambahkan embel - embel Kampung Cai di depanya, karena telah dibangun kolam renang yang bersumber dari gunung Patuha serta fasilitas lain yang lebih lengkap.


Sebagai bumi perkemahan Ranca Upas sendiri memiliki beberapa kelebihan yang jarang ditemui di tempat-tempat lain. Salah satunya hamparan yang datar dan luas sehingga bisa menampung banyak orang. Suasana hutan yang masih terjaga menjadikan nilai tambahan karena menghadirkan pemandangan yang indah serta udara segar.


Ranca Upas yang merupakan Hutan Lindung dihiasi dengan berbagai tumbuhan pegunungan seperti Kitambang, Kihujan, Pasang, Huru, Hamirung dan lain sebagainya sangat menyajikan suasana alam yang sejuk dan indah sejauh mata memandang. Tidak dijadikan sebagai tempat perkemahan terkadang tempat ini juga dijadikan sebagai tempat Prawedding. Selain itu tempat ini juga penah dijadikan tempat perkemahan berskala Internasional, tentu saja secara tidak langsung tempat wisata yang satu ini bisa mengharumkan nama baik Indonesia khususnya Kabupaten Bandung.


Penangkaran Rusa Ranca Upas yang luas areanya sekitar 215 hektar menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang datang, penangkaran Rusa di Ranca Upas adalah salah satu lokasi penangkaran rusa di Bandung. Untuk memasuki area penangkaran Rusa ini akan lebih asik jika kita bisa membeli wortel untuk memberi makan sang Rusa aeharga Rp.10.000.


Tentu masih ada yang lainya, Ranca Upas juga menyediakan tempat untuk Outbound yang didalamnya ada berbagai wahana permainan yang edukatif, fun hingga permainan yang sedikit menantang. Mulai dari Flaying Fox, Elvis Bridge, Burma V, Jembatan Gkyang hingga sepeda Gunung. (WOK/JOB-02)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA TRAVEL LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN