INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Minum Jeruk Peras Saat Cuaca Panas, ini 5 khasiatnya

05 July, 2020 11:35 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Minum Jeruk Peras Saat Cuaca Panas, ini 5 khasiatnya

Istimewa

Sebagian orang tentunya sudah tau apa itu jeruk peras. Buah yang satu ini walaupun terasa asam dan kecut, namun  menyegarkan seolah memberikan semangat dan kesejukan tersendiri, apalagi ketika menghadapi hari yang panas.


Jeruk peras kaya akan nutrisi terutama kandungan vitamin c yang terjaga karena prosesnya hanya diperas. 

Apalagi Minum jeruk peras tanpa campuran gula dan air, akan lebih sehat dan menyegarkan. 

 

Dikutip dari laman channelmuslim.com, berikut beberapa khasiat jeruk peras yang bermanfaat bagi kesehatan: 

  

1. Membuat Tubuh Rileks

Minum perasan jeruk  dapat meningkatkan kesehatan dan menjaga keseimbangan tubuh. Perasan jeruk  yang dipadukan dengan beberapa jenis sayuran yang dapat diperas seperti mentimun, tomat, dan  beberapa sayuran hijau lainnya, dapat membuat tubuh dan juga pikiran menjadi rileks dibanding sebelumnya. Nutrisi dalam sayuran memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi seperti magnesium. Mineral dalam sayuran inilah yang dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.


2. Memperkuat Sistem Imun

Jeruk peras seperti jenis jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat besar. Jeruk nipis peras akan membantu menghilangkan stress karena dapat merilekskan pikiran. Jeruk peras ini baik dikonsumsi ketika sedang mengalami hari yang penat dan memiliki pikiran yang sedang tidak tenang.  Pikirin yang rileks membuat sistem imun kita membaik. Sehingga jeruk peras cocok  diminum dalam masa pandemi seperti sekarang ini. 


3. Mengurangi Flek Hitam Pada Kulit

Antioksidan dalam manfaat jeruk peras akan tetap terjaga. Antioksidan dalam jeruk nipis peras akan membantuk proses detoksifikasi dalam tubuh. Hal ini dapat berfungsi untuk memberikan perawatan kulit agar tetap cerah dan menghilangkan flek hitam.


4. Sebagai Sumber Potasium

Jeruk nipis peras dapat mencukupi kebutuhan zat yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan potasium yang ada di dalam jeruk peras lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel dan buah anggur. Kandungan potasium yang sangat tinggi dalam jeruk peras dapat menjaga kesehatan jantung, otak dan syaraf agar tetap terjaga dengan baik.


5. Meningkatkan Keinginan Mengkonsumsi Buah

Mengkonsumsi buah peras, seperti jeruk yang diperas dapat meningkatkan keinginan untuk mengkonsumsi jeruk segar. Hal ini berlaku untuk beberapa jenis buah lainnya. 

Jeruk peras tidak mengurangi nutrisi dalam kandungan buah jeruk, namun hanya mengambil sari yang terkandung di dalam buah jeruk. Jeruk peras juga tidak mengubah rasa jeruk, lain halnya dengan jus jeruk yang sedikit mengubah rasa jeruk karena terjadinya gesekan yang tinggi antara buah jeruk dan alat juicernya. Perasan jeruk yang segar inilah yang dapat membuat beberapa orang akan terbiasa dengan rasa buah jeruk yang segar. Sehingga dalam beberapa waktu, akan timbul keinginan untuk mengkonsumsi buah segar yang tetap terjaga kesegaran dan nutrisi yang ada di dalamnya. (FSL)



You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN