INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Soal Kalung Antivirus Corona, Komisi IX DPR: Kementan Harus Berbasis Riset

06 July, 2020 13:20 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Soal Kalung Antivirus Corona, Komisi IX DPR: Kementan Harus Berbasis Riset

Foto: Dok. Humas Kementan

JAKARTA INSPIRA.TV,- Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Muchamad Nabil Haroen atau yang akrab disapa Gus Nabil mengingatkan Kementerian Pertanian untuk menunjukkan basis riset terkait inovasi kalung anti-Corona yang diklaimnya.


"Kementan harus tunjukkan basis riset terkait Kalung anti-Corona. Kementan harus berhati-hati dan mendasarkan pada riset yang jelas, sebelum mengeluarkan inovasi untuk publik," katanya, dalam pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Senin (7/6), seperti dikutip dari Antaranews.com.


Seperti diketahui, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementan telah memublikasikan produk antivirus Corona berupa kalung, "roll on", "in haler", salep, balsem dan "defuser" yang diklaim mampu mematikan COVID-19.


Menurut dia, Kementan jangan hanya ingin kelihatan berinovasi, tetapi harus jelas basis risetnya karena akan menimbulkan pro-kontra dan dikritik beberapa ilmuan atau periset dari kampus-kampus internasional.


"Saya mengapresiasi usaha dan inovasi Kementan, tapi sebaiknya harus berbasis riset yang bisa dipertanggungjawabkan secara akademik," ujar Gus Nabil.


Di satu sisi, politikus PDI Perjuangan itu mengingatkan pemerintah dan masyarakat untuk saling bekerja sama demi kebaikan, terutama mengurangi penyebaran COVID-19.


"Pemerintah harus terus menerus menyediakan fasilitas kesehatan, menganalisa perkembangan, dan mengeksekusi kebijakan yang tepat bergantung pada kondisi kawasan masing-masing," tuturnya. (HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN