INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Niat Puasa Senin Kamis Serta Rahasia Dibaliknya

06 July, 2020 14:07 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Niat Puasa Senin Kamis Serta Rahasia Dibaliknya

Foto: Ilustrasi

SESUAI dengan namanya, Puasa Senin Kamis adalah puasa yang dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis secara terpisah bukan Senin sampai Kamis. Puasa ini merupakan puasa sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW seperti yang sesuai dengan hadis riwayat At-Tirmidzi.


Rasulullah SAW bersabda, "Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi Berpuasa," (HR. At Tarmidzi).


Tata cara Puasa Senin Kamis juga sama dengan puasa Ramadhan yakni dimulai saat terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Begitu juga dengan larangan-larangan yang harus ditinggalkan sama dengan puasa wajib Ramadhan.


Perbedaannya terletak pada niatnya, yakni:

1.. Niat puasa hari Senin

"Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala."

Artinya: "Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah ta'ala"


2. Niat puasa hari Kamis

"Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala."

Artinya: "Saya niat puasa hari Kamis, sunah karena Allah ta'ala."


Alasan Rasulullah SAW menjalankan puasa hari Senin tidak lain karena hari tersebut adalah hari kelahiran beliau. Dari Abu Qotadah Al-Anshori r.a, Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab,

“Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim: 1162).


Secara umum, Rasulullah Berpuasa di hari Senin dan Kamis karena pada hari tersebut, malaikat akan menghadapkan amalan manusia kepada Allah SWT.


Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda, “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang Berpuasa.” (HR. Tirmidzi: 747) 

 

Sebagai puasa yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, tentu Puasa Senin Kamis memiliki keutamaan tersendiri. Salah satunya yang tercantum dalam hadis riwayat Imam Muslim bahwa seorang yang Berpuasa Senin Kamis maka akan dibukakan pintu surga untuknya.


“Pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikitpun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim: 2565). 


Selain itu puasa Senin Kamis juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kita diantaranya :

1. Mengistirahatkan Organ Pencernaan

2. Menghilangkan rasa Stres

3. Meremajakan sel - sel kulit

4. Menyehatkan Jantun

5. Menyehatkan Gigi. (HAP/JOB-02)

You can share this post !