INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Ini Syarat Untuk Bisa Masuk ke Taman Nasional Komodo Saat New Normal

07 July, 2020 12:43 WIB | INSPIRA TRAVEL

Inspira TV - Ini Syarat Untuk Bisa Masuk ke Taman Nasional Komodo Saat New Normal

Foto: Istimewa

BALAI Taman Nasional Komodo (TNK) di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), berencana menerapkan konsep new normal bagi pengunjung. Wisatawan yang diizinkan masuk ke dalam kawasan TNK akan dibagi dalam beberapa fase.


Khusus untuk fase awal saat pembukaan, hanya warga yang tinggal di Kabupaten Manggarai Barat yang diizinkan masuk. Selanjutnya pada fase berikutnya berlaku untuk semua wisatawan.


Sementara untuk kuota pengunjung, khusus untuk situs wisata Daratan Loh Buaya-Pulau Rinca dan Loh Liang-Pulau Komodo dibatasi per hari sebanyak 25 orang, sedangkan khusus empat situs wisata perairan Batu Kolong, Karang Makassar, Mauwan dan Siaba Besar dibatasi lima kapal per hari.


Wisatawan yang masuk ke dalam kawasan harus daftar melalui sistem daring yang akan disosialisasikan oleh pihak pengelola wisata. Wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan wisata Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, perlu membawa berbagai dokumen persyaratan saat masa new normal.


Wisatawan harus mematuhi persyaratan protokol kesehatan Covid-19, yaitu membawa dokumen:

1. Surat bebas Covid-19 yang masih berlaku dengan tenggang waktu tiga hari sebelum habis masa berlaku berdasarkan hasil Tes Polymerase Chain Reaction (PCR)

2. Surat keterangan hasil Rapid Test (non-reaktif) yang masih berlaku bagi wisatawan nusantara asal wilayah Nusa Tenggara Timur


Wisatawan yang tidak memiliki dokumen tersebut di atas dan/atau memiliki suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius, tidak boleh masuk ke situs-situs di dalam kawasan Taman Nasional Komodo.


Persyaratan lainnya adalah mengenakan masker wajah, mempraktikkan higienitas tangan dengan mencuci tangan dengan sabun/cairan disinfektan sesering mungkin sebelum dan setelah menggunakan fasilitas umum atau kendaraan transportasi atau beraktivitas.


Selain itu, wajib membawa hand sanitizer pribadi, membawa botol minum atau tumbler pribadi, menerapkan etika ketika batuk dan bersin, mematuhi time entry yang berlaku di Taman Nasional Komodo. 


Wisatawan juga harus memiliki asuransi jiwa khususnya asuransi perjalanan, membuat surat pernyataan tanggung jawab, bermaterai Rp 6.000 terkait keselamatan dan keamanan pengunjung.


Selain itu, wisatawan harus memastikan jarak antar individu ketika berinteraksi setidaknya satu meter, tidak menggunakan dan/atau meminjamkan peralatan pribadi dengan pengunjung lainnya. (HAP/JOB-02)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN