INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Adab Mengucapkan dan Menjawab Salam

08 July, 2020 11:29 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Adab Mengucapkan dan Menjawab Salam

Foto: Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Dalam pergaulan sehari-hari, seringkali kita mendengar atau mengucapkan kalimat, "Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh." Ini adalah ucapan salam antara muslim satu dan lainnya ketika bertemu.


Di dalam Al Qur'an terdapat beberapa ayat yang menganjurkan mengucapkan salam, baik saat memasuki rumah orang lain mau pun bertemu sesama muslim di jalan. Bahkan Allah SWT melarang umat Islam masuk ke rumah orang lain sebelum mengucapkan salah.


Allah SWT berfirman di dalam Surat An-Nur ayat 27 yang artinya, "Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kalian memasuki rumah yang bukan rumah kalian sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya.


Imam an - Nawawi di dalam Kitab Riyadhus Shalihin di Bab Salam menjelaskan, bahwa orang dianjurkan memberikan salam dengan mengucapkan:

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Artinya: "Semoga keselamatan, rahmat Allah, dan berkahNya tercurah kepada kalian."


Menurut Imam an - Nawawi, kalimat itu diucapkan dengan menggunakan bentuk jamak. Meskipun yang diberi salam hanya satu orang.


Sementara di dalam kitab Al-Adzkar, Imam an - Nawawi menyebut ada 3 jenis salam bisa gunakan sebagai sapaan atau doa kita terhadap sesama muslim lainnya.

1. Assalamu'alaikum artinya adalah Semoga Keselamatan terlimpah untukmu.

2. Assalamu'alaikum Warahmatullah artinya Semoga Allah Melimpahkan Keselamatan dan Rahmat-Nya untukmu / Semoga keselamatan dan rahmat Allah terlimpah untukmu.

3. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh artinya adalah semoga Allah Melimpahkan keselamatan, Rahmat dan Keberkahan untukmu. atau Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah padamu / kalian.


Kemudian yang menerima, menjawab salam dengan mengucapkan :

Wa'alaikumus Salam Warahmatullahi Wabarakatuh

Artinya: "Begitu juga semoga keselamatan, rahmat Allah, dan berkahNya tercurah kepada kalian."


Diriwayatkan dari Abu Hurairah dalam sebuah hadits dengan derajat Muttafaq 'alaih, Rasulullah SAW bersabda:

"Yang muda memberi salam kepada yang tua. Yang berjalan kepada yang duduk, yang sedikit kepada yang lebih banyak." (HAP/JOB-02)

You can share this post !