INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Kamu Jarang Minum? Hati-Hati Dehidrasi Berat Bisa Mengintai

14 July, 2020 11:47 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Kamu Jarang Minum? Hati-Hati Dehidrasi Berat Bisa Mengintai

Foto: Ilustrasi

Dehidrasi dan dehidrasi berat bisa dialami siapa saja. Terutama orang-orang yang mengonsumsi air minum lebih sedikit dibanding cairan yang dibutuhkan tubuh.


Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung usia, lingkungan, dan aktivitas yang dilakukan.


Selain karena jarang minum, dehidrasi berat bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain karena penyakit diare, diabetes, mengonsumsi banyak alkohol, mengeluarkan banyak keringat karena demam, olahraga, atau bekerja dalam cuaca yang panas.


Resiko yang Mengancam Akibat Dehidrasi Berat


Ketika mengalami dehidrasi ringan, kamu cukup mengonsumsi air minum agar kebutuhan cairan dalam tubuh bisa terpenuhi. Namun jika dehidrasi berat yang kamu alami, kemungkinan kamu harus mendapatkan penanganan medis di rumah sakit. Tim medis akan memberikan asupan cairan lewat infus.


Jika dibiarkan tanpa pengobatan, dehidrasi berat bisa memicu sejumlah kondisi dan masalah kesehatan, seperti kejang, cedera akibat cuaca panas, gangguan ginjal dan syok hivopolemik.

 

Hindari dehidrasi dengan mengonsumsi air minum yang banyak sebelum, selama dan setelah melakukan aktivitas. Bila perlu, tambah konsumsi air minum saat melakukan banyak aktivitas berat di ruang terbuka. (HAP/JOB-01)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN