INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Kapulaga dan Ragam Manfaatnya Bagi Kesehatan

15 July, 2020 14:38 WIB | INSPIRA FOOD

Inspira TV - Kapulaga dan Ragam Manfaatnya Bagi Kesehatan

foto : Istimewa

Kapulaga atau kapol adalah rempah-rempah yang berasal dari India yang digunakan sejak dulu sebagai bumbu masakan. Kapulaga memiliki rasa yang sedikit pedas sehingga cocok ditambahkan ke dalam makanan.

 

Kapulaga merupakan rempah yang dihasilkan dari beberapa tanaman yang berasal dari family Zingiberaceae barupa  biji-bijian, bubuk, minyak esensial, dan kapsul suplemen herbal.

 

Kapulaga mengandung vitamin, mineral, dan serat yang memadai. Rendah kalori dan juga  lemak. Di samping itu, kapulaga juga mengandung senyawa alami dengan sifat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

 

 Insipra.tv telah merangkum beberapa manfaat  kapulaga yang baik untuk kesehatan :

 

Melindungi tubuh dari penyakit kronis

 

Kapulaga memiliki efek anti-inflamasi yang dapat melawan peradangan sehingga mencegah terjadinya penyakit kronis, seperti kanker, penumpukan lemak di pembuluh darah (aterosklerosis), diabetes melitus, dan hipertensi.

 

Tak hanya itu, antioksidan dalam kapulaga juga dipercaya mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan dan menghentikan terjadinya peradangan.

 

Mengobati infeksi

 

Kapulaga memiliki efek antibakteri yang dapat mengobati infeksi. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kapulaga dan minyak atsiri mengandung senyawa yang dapat melawan beberapa jenis bakteri.

 

Membantu mengatasi masalah pencernaan

 

Selama ribuan tahun, kapulaga telah digunakan untuk membantu mengatasi masalah pencernaan. Kapulaga juga sering dicampur dengan rempah-rempah herbal lain untuk menghilangkan ketidaknyamanan pada perut, mual, dan muntah.

 

Meningkatkan kesehatan mulut

 

Sebuah studi menemukan bahwa biji kapulaga dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut karena sifat antiperadangan dan antioksidannya. Ekstrak kapulaga pun dapat mengganggu bakteri yang menyebabkan penyakit gusi, bau mulut, dan gigi berlubang.

 

Meningkatkan kesehatan jantung

 

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kapulaga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ini dipengaruhi oleh aktivitas antioksidannya yang dapat membantu meningkatkan fungsi jantung.

 

Mengurangi risiko kanker

 

Kapulaga mengandung fitokimia alami yang dapat membantu melawan penyakit kanker. Sifat antikanker yang dimiliki rempah-rempah ini dipercaya mampu mengurangi risiko seseorang terkena kanker.(HAP/JOB-04/JOB-01).   

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA FOOD LAINNYA