INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Pemprov Jabar Dorong Pemerintah Pusat Kembangkan Lido Jadi KEK Pariwisata Pertama

16 July, 2020 11:55 WIB | INSPIRA TRAVEL

Inspira TV - Pemprov Jabar Dorong Pemerintah Pusat Kembangkan Lido Jadi KEK Pariwisata Pertama

Foto: Humas Jabar

KAB BOGOR INSPIRA.TV,- Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong pengembangan kawasan wisata Lido di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata pertama di Jabar. KEK pariwisata Lido ini merupakan satu dari tujuh KEK yang akan dikembangkan di Jabar.


Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, total nilai investasi KEK Pariwisata Lido di lahan seluas lebih dari seribu hektar ini mencapai Rp38 triliun. KEK Pariwisata Lido pun diyakini akan mendongkrak pariwisata Jabar terutama di wilayah Kabupaten Bogor dan sebagian Kabupaten Sukabumi. 


"Nilai investasinya Rp38 triliun, semoga menjadi KEK wisata pertama di Jabar yang sedang kita dorong agar disetujui (pemerintah) pusat," kata Emil, Kamis (16/7/2020).


Ia menambahkan, KEK Pariwisata Lido bisa menjadi area wisata komprehensif pertama di Jabar yang berada dalam satu kawasan. Dengan begitu, salah satu keunggulannya adalah devisa dari luar negeri datang lebih cepat dan mudah.


Adapun Kawasan Lido bakal dikembangkan PT MNC Land. Diharapkan dari proyek tersebut bisa menyerap tenaga kerja berjumlah 25 ribu orang hingga 2038.


Dirinya menambahkan, Pemda Provinsi Jabar optimistis KEK Pariwisata Lido bisa disetujui oleh pemerintah pusat karena eluruh persyaratan administrasi sebagai KEK sudah dipenuhi.


"KEK wisata itu syaratnya minimal punya lahan 250 hektar, ini sudah lebih dari seribu. Kemudian ada 18 persyaratan administrasi KEK yang sudah dipenuhi, saya kira ini menunjukkan keseriusan dari MNC Land agar (Lido) diberikan status KEK," kata Emil. (HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN