INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Memuliakan Kedua Orangtua dalam Islam

22 July, 2020 11:44 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Memuliakan Kedua Orangtua dalam Islam

Foto: Free Images Pixabay

MUNGKIN sudah sering kita dapatkan penjelasan mengenai “Birruwalidain” atau istilah lainnya adalah memuliakan kedua orang tua. 


Ketahuilah jika kita ingin mendapatkan Ridha Allah maka kita harus dapat memuliakan orangtua terlebih dahulu atau membahagiakannya.

Sebagaimana Abdullah bin Amar r.a. mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda : “Ridha Allah berada pada ridha orang tua, dan murka Allah berada pada murka orang tua.” (HR Tirmidzi dan Al Hakim).

Bagaimana caranya agar kita mendapatkan ridha Allah? Yaitu kita harus memuliakan keduaorangtua kita atau berbakti kepadanya. Bersyukurlah jika kawan masih memiliki keduanya, dan jika sudah diantara orangtua kita sudah ada yang wafat, tetap kita mesti berbakti kepadanya.

Muawiyah bin Jahimah mendatangi Rasulullah SAW,” Wahai Rasulullah, aku hendak berperang, aku minta pendapat engkau”. Rasulullah SAW menjawab. Apakah engkau mempunyai Ibu?” Jawabnya, “ Ya”. Lalu Rasulullah SAW bersabda. “Berbuat baiklah kepadanya. Sesungguhnya surga itu berada di bawah kedua kakinya”. (HR Ath- Thabrani).

Itu perintah Rasulullah SAW agar kita berbuat baik kepada orangtua kita. Dan perintah Allah pun ada dan sudah tertulis dalam Al-Qur’an. 

Kemudian bagaimana cara berbakti yang paling tepat saat orangtua kita ketika masih hidup maupun sudah wafat?

Ketika orangtua kita masih hidup, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Isra ayat 23-24, dan Surah Luqman ayat 14-15, Allah memerintahkan kewajiban anak terhadap orangtuanya.
”Dan Rabb-mu telah memerintahkan kepada manusia janganlah menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah perkataan yang baik” (Al-Isra : 23).

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap kedua dengan penuh kasih sayang. Dan ucapkanla, “Wahai Rabb-ku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil” (Al-Isra : 24).

Inti sari dari perintah Allah SWT itu adalah:
Berbuat baik kepada orangtua dengan sebaik-baiknya, selalu patuh akan nasihatnya, apa yang diperintahkan orangtua harus dikerjakan selama itu tidak menyimpang dari ajaran Allah SWT, merawat dan mengurus orangtua bila sudah usia lanjut, berperilaku santun dan lembut serta mengeluarkan lisan yang mulia, merendahkan diri dengan penuh kasih sayang, dan senantiasa mendoakannya.

Dalam hadist Bukhari, Muslim bahwa amalan yang dicintai Allah juga salah satunya adalah memuliakan kedua orangtua.

Jika orang tua kita sudah wafat maka yang hendak dilakukan sebagai anak yang berbakti adalah:
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW tentang berbakti kepada orangtua yang telah wafat,” Yakni dengan mengirim doa (mendoakan) dan memohon ampunan kepada Allah, menepati janji dan nazar yang pernah diikrarkan orantua, memelihara hubungan silaturahim serta memuliakan kawan dan kerabat orangtua, “ (HR Imam Abu Dawud). (HAP/JOB-02)

You can share this post !