INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Larangan Memotong Kuku dan Rambut Sebelum Berqurban

23 July, 2020 11:02 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Larangan Memotong Kuku dan Rambut Sebelum Berqurban

Foto: Pixabay

HARI Raya Kurban atau Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah bertepatan dengan Jumat, 31 Juli 2020. Hari Raya Idul Adha dapat diperingati dengan ibadah kurban. Bagi muslim yang ingin menyembelih hewan kurban, sangat disunahkan untuk tidak memotong kuku dan rambutnya.


Larangan memotong kuku dan rambut berlaku sejak mulai memasuki Dzulhijjah, artinya mulai Selasa sudah berlaku hingga setelah selesai kurbannya disembelih.


Adapun larangan memotong kuku dan rambut ketika memasuki Dzulhijjah adalah sunah. Dalilnya adalah hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Muslim:

مَنْ كَانَ لَهُ ذِبْحٌ يَذْبَحُهُ فَإِذَا أُهِلَّ هِلاَلُ ذِى الْحِجَّةِ فَلاَ يَأْخُذَنَّ مِنْ شَعْرِهِ وَلاَ مِنْ أَظْفَارِهِ شَيْئًا حَتَّى يُضَحِّىَ

Artinya: “Apabila engkau telah memasuki 10 hari pertama (bulan Dzulhijjah) sedangkan di antara kalian ingin berkurban, maka janganlah dia menyentuh (memotong) sedikitpun bagian dari rambut dan kukunya.”


Larangan untuk memotong kuku dan seluruh rambut yang melekat pada tubuh orang yang akan berkurban. Artinya apabila orang itu sudah ada kehendak ata  u keinginan disertai kemampuan untuk berkurban, maka begitu masuk Dzulhijjah larangan potong kuku dan rambut resmi berlaku.


Jika seseorang memiliki kemampuan misalnya ada uang untuk beli hewan kurban pada 3 atau 7 Dzulhijjah, maka sejak tanggal itulah larangan potong kuku dan rambut berlaku buat dia hingga selesai penyembelihan kurban.


Tak hanya itu larangan ini bersifat tidak wajib. Artinya, jika orang yang akan berkurban lantas memutuskan untuk memotong kuku sebelum menyembelih kurbannya, maka ia tidak akan dosa, hanya saja potensi mendapatkan pahala akan hilang.


Sejumlah mahzab berbeda pendapat mengenai hal ini. Menurut Imam Malik dan Syafi'i disunahkan tidak memotong rambut dan kuku bagi orang yang berkurban sampai penyembelihan, jika memotong kuku dan rambut dihukumi makruf.


Menurut Abu Hanifah, memotong kuku dan rambut sebelum penyembelihan adalah mubah atau boleh dan tidak makruh, dan tidak sunah jika tidak dipotong. Sedangkan Imam Ahmad mengharamkannya.


Ada pula muncul pendapat lain dalam menafsirkan anjuran tersebut. Namun, pendapat ini dinilai kurang kuat dan kurang tepat. Pendapat ini melarang untuk memotong kuku dan rambut hewan kurban. (HAP/JOB-02)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN