INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Tanaman Hidroponik Solusi Ketahanan Pangan Masyarakat Kota Saat Pandemi Covid-19

27 July, 2020 11:22 WIB | INSPIRA FOOD

Inspira TV - Tanaman Hidroponik Solusi Ketahanan Pangan Masyarakat Kota Saat Pandemi Covid-19

Foto : Inspira TV

BANDUNG INSPIRA.TV,- Saat situasi pandemic Covid-19 menyerang Indonesia banyak masyarakat yang terkena dampaknya. Bahkan tak sedikit masyarakat banyak yang mengalami kekurangan bahan makanan. Solusinya adalah dengan bercocok tanam.

 

Hari ini untuk bercocok tanam tidak membutuhkan lahan yang luas, namun lahan sempit pun bisa dimanfaatkan untuk menanam sayur-sayuran untuk dimakan. Seperti yang dilakukan oleh Rumah Keluarga Indonesia yang menjalankan program tanaman Hidroponik. Mereka menanam sayur-sayuran seperti bayam, kangkung dan beberapa sayur lainnya untuk menjalankan program ketahanan pangan di tengah pandemi.

 

Covid-19 merubah konstelasi ekonomi masyarakat secara drastis.

 

“Tujuannya karena saat ditengah Covid-19 ini kan banyak masyarakat yang miskin mendadak, karena kalau dilihat ada rumah, ada kendaraan tapi tidak bisa makan. Nah dengan berkebun seperti ini masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan rumah,” tutur Koordinator Komunitas Petani Kota, Acep Lu’luidin, Senin (27/7/2020).

 

Acep menjelaskan, tanaman yang telah ditanam beberapa bulan yang lalu di Taman Kota Bandung kini sudah bisa dipanen. Beberapa hasil tanaman sayur bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyaraka, salah satunya yakni daun bayam yang diolah untuk dijadikan makanan keripik.

 

“Seperti ini daun bayam ini akan kita goring untuk kita jadikan keripik yang sebetulanya nanti keripik bayam ini bisa menjadi bagian dari UMKM yang bisa menghidupkan perekonomian masyarakat di tengah pandemic Covid-19,” jelas Acep.

 

Pihaknya diminta menjadi pelopor untuk menghidupkan perkebunan di tengah perkotaan dibeberapa wilayah Kota Bandung. Tak hanya itu pihaknya juga diminta untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan lokasi yang tersedia secara maksimal.

 

“Jadi kita diminta untuk mempelopori kebun kota di wilayah kami, sehingga terbentuklah kebun kota ini. Selain itu juga kita diminta untuk memberikan penyuluhan sedikit lah kepada warga tetang bagaimana cara menanam meskipun lahan di rumah kita sempit,” kata dia.

 

“Selain itu kita juga akan memberikan bibit kepada warga yang memang sangat antusias untuk bercocok tanam,” tambahnya.

 

Acep berharap bagi masyarakat yang mau dan sudah melakukan bercocok tanam Hidroponik untuk melanjutkan programnya. Menurut Acep manfaat dari bercocok tanam di tengah perkotaan akan sangat membantu dalam situasi yang sangat sulit.

 

“Hari ini sedang menyiapkan masa-masa sulit yang mungkin bisa dihadapi oleh siapapun tak perlu hari ini, tapi ke depan mungkin besok lusa, atau beriutnya kita bisa mempersiapkannya dengan baik. Dengan solusi ini (tanaman Hidroponik) bisa membantu masyarakat dalam memnuhi kebutuhan sehari hari,” tukasnya.  (MSN)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA FOOD LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN

INSPIRA FINANCE
Rupiah Kamis Pagi Jatuh 55 Poin

03 September, 2020 | 13:09 WIB

INSPIRA HALAL
Adab Ketika Mendapati Mimpi Buruk

20 September, 2020 | 17:54 WIB