INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Tradisi Unik Saat Lebaran Idul Adha

27 July, 2020 15:33 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Tradisi Unik Saat Lebaran Idul Adha

Foto: Istimewa

HARI raya Idul Adha 2020 tinggal menghitung hari lagi. Berbagai persiapan menyambut hari raya Idul Adha pun telah dilakukan sebelum Idul Adha. Mulai dari pemeriksaan keadaan kesehatan hewan kurban itu sendiri, maupun persiapan tempat diselenggarakannya penyembelihan hewan kurban pada hari Idul Adha.


Namun, tahukah dibalik hari raya Idul Adha banyak pula fakta-fakta menarik seputar hari raya ini. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik dibalik hari raya Idul Adha:


1. Dikenal juga sebagai hari raya Haji

Idul Adha dikenal juga dengan sebutan Idul Kurban ataupun Lebaran Haji. Idul Kurban merujuk pada ritual yang dilakukan saat Hari Raya Idul Adha berlangsung yaitu penyembelihan hewan kurban. Sedangkan, untuk lebaran Haji, diambil dari tradisi yang dilakukan umat Islam pada bulan Dzulhijah yaitu menunaikan ibadah haji.


2. Dilaksanakannya Shalat Idul Adha Berjamaah

‚ÄčHal yang biasa dilakukan umat islam sebelum menyembelih hewan kurban adalah melaksanakan shalat Idul Adha secara berjamaah. Biasanya, jika masjid-masjid sudah penuh, umat muslim di Indonesia kerap memanfaatkan lapangan untuk melakukan shalat Idul Adha.


3. Hewan yang Dikurbankannya Pun Bermacam-macam

Salah satu tradisi yang dilakukan oleh umat Islam pada saat Idul Adha adalah penyembelihan hewan kurban. Seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim, penyembelihan hewan kurban sebagai tanda atau simbol ketakwaan kita kepada Allah SWT. Untuk hewan kurbannya pun juga bermacam-macam mulai dari Onta, Sapi, Domba dan Kambing.

 

4. Mudik Idul Adha

Mudik di hari raya Idul Adha menjadi tradisi untuk sebagian keluarga untuk dapat berkumpul bersama-sama menikmati menu santapan khas Idul Adha. Seperti Gulai Sapi, Sate Kambing dan lain sebagainya. (HAP/JOB-05)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN