INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Sepenggal Kisah Nabi Ibrahim Tentang Idul Adha

28 July, 2020 11:15 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Sepenggal Kisah Nabi Ibrahim Tentang Idul Adha

Foto: Ilustrasi

KELAHIRAN seorang putra membuat Nabi Ibrahim amat bahagia dan menyayangi putranya tersebut, Ismail. Namun, suatu hari Allah memberikan petunjuk melalui mimpi untuk menyembelih putranya sebagai bukti keimanan kepada Allah SWT. 


Nabi Ibrahim pun bertanya kepada sang Anak mengenai mimpinya tersebut. Dalam surat As Saffat ayat 102, Ismail setuju dengan perintah Allah dan bersiap untuk disembelih sang Ayah.

 fa lammā balaga ma'ahus-sa'ya qāla yā bunayya innī arā fil-manāmi annī ażbaḥuka fanẓur māżā tarā, qāla yā abatif'al mā tu`maru satajidunī in syā`allāhu minaṣ-ṣābirīn.

 

Yang artinya : Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, "Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!" Dia (Ismail) menjawab, "Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar."

 

Kemudian, setelah membaringkan Ismail untuk disembelih, Allah memanggil Nabi Ibrahim dan menghentikannya. Allah SWT pun memberikan mukjizatnya dengan mengganti Ismail dengan sembelihan hewan yang besar seperti yang tertulis dalam surat As Saffat ayat 107.

 wa fadaināhu biżib-ḥin 'aẓīm.


Yang artinya, dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. (HAP/JOB-05)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN