INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Tips Sehat Usai Idul Adha

29 July, 2020 10:22 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Tips Sehat Usai Idul Adha

Foto: Pixabay

HARI Raya Idul Adha identik dengan berbagai olahan masakan dari macam-macam jenis daging, mulai dari daging sapi hingga Kambing yang diolah menjadi sate, gulai dan menu masakan berlemak lainnya.


Jenis makanan ini dapat memicu kolesterol dan meningkatnya tekanan darah usai mengonsumsi daging merah yang terlalu banyak. 


Nah, berikut ada cara-cara yang dapat membuat kita agar tetap sehat seusai makan-makanan khas lebaran Idul Adha:

 

1. Jangan Memakan Daging  Sebelum Tidur

Memakan daging dari hewan kurban saat Idul Adha khususnya sebelum tidur, hal ini akan menyebabkan penurunan kualitas tidur. Oleh karena itu, dianjurkan untuk sebaiknya konsumsi daging 2 sampai 3 jam sebelum tidur.

 

2. Perbanyak Minum Air Putih

Perayaan makan daging hewan di hari raya Idul Adha ini juga wajib diimbangi dengan memperbanyak konsumsi air putih. Hal ini terbukti menetralkan lemak yang telah kita konsumsi dengan cara mendorong sisa makanan, sehingga tidak menimbulkan sembelit.

 

3. Hindari Makanan Pedas

Menu olahan dari daging kurban biasanya juga kurang afdol jika tidak disajikan pedas. Namun, sedapat mungkin hindarilah makanan pedas ini jika tak ingin pencernaan anda terganggu.

 

4. Pisahkan Lemak Daging

Sebelum memasak daging kurban ini, sebaiknya pastikan terlebih dahulu lemak daging ini sudah dibuang sebelum dimasak. Jika tidak, tentu saja hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan anda.

 ​

5. Kombinasikan dengan Sayur

Seperti yang kita ketahui, bahwa sebaiknya jika mengonsumsi daging kita seimbangkan juga dengan sayur-sayuran. Sebagai penetralisir daging hewan kurban seperti daging sapi atau kambing, maka netralkan dengan tomat, timun, bawah putih dan bawang merah atau acar. (HAP/JOB-05)

You can share this post !