INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Komunitas Budaya 'Minggu di Cermai' Gelar Acara Kenang Sastrawan Ajip Rosidi

05 Augustus, 2020 11:52 WIB | INSPIRATAINMENT

Inspira TV - Komunitas Budaya 'Minggu di Cermai' Gelar Acara Kenang Sastrawan Ajip Rosidi

Foto: Dok. Komunitas 'Minggu di Cermai'

MAJALENGKA INSPIRA.TV,- Komunitas budaya 'Minggu di Cermai' mengadakan acara mengenang Budayawan, Sastrawan dan pujangga besar Indonesia asal Majalengka, Ajip Rosidi (1938-2020) di Piknik Caffe Leuwimunding, Kab Majalengka, Selasa (4/8).


Acara ini digelar sebagai bentuk penghormatan terhadap kiprah Ajip Rosidi yang sudah mengharumkan nama Majalengka di pentas nasional maupun internasional. 


Acara yang juga diadakan lewat Live Virtual Instagram ini juga menghadirkan pembicara Dr. Yanti Heriyawati selaku Direktur Pascasarjana ISBI Bandung, yang juga berasal dari Majalengka dan penyair Rendy Jean Satria yang membahas perjalanan Ajip Rosidi sebagai penyair besar tanah air. 


"Majalengka beruntung bisa melahirkan penyair besar bernama Ajip Rosidi, yang bisa menginsipirasi generasi muda Majalengka dan Indonesia," ujar  Rendy di sela acara.


Sementara itu Dr. Yanti mengungkapkan peran Ajip Rosidi di bidang pemajuan pengembangan budaya dan sastra sunda layak diapresiasi, karena dengan begitu, bahasa sunda tetap lestari dan dibaca.


Acara tersebut juga diisi oleh pembacaan puisi karya Ajip Rosidi oleh Ratna Padya Rohani, Laning Zailani, Deris Riszader, Mete, Rendy Abrenk dan penampilan penyair cilik bernama Aretra Kana Akarliana, diiringi petikan gitar dari musisi lokal Rajagaluh, Ibnu Aqil.


Selama hidupnya Ajip Rosidi sudah menerbitkan 150an buku baik puisi, novel, obituari dan ilmiah. Tak heran bila ia dikenal sebagai sastrawan terproduktif di Indonesia.


Ajip juga pernah mendapatkan  Hadiah Sastera Nasional 1955-1956 untuk puisi (diberikan tahun 1957) dan 1957-1958 untuk prosa (diberikan tahun 1960). 


Tak Hadiah Seni dari Pemerintah RI 1993 dan Doktor Honoris Causa (HC) untuk program studi Budaya Fakultas Sastra dari UNPAD. Dia juga menjadi Professor tamu di Jepang.


"Semoga acara ini bisa menjadi pengetahuan kita mengenai Ajip Rosidi, putra asli Majalengka, yang luar biasa" kata Rendy.


Ajip Rosidi sudah meninggal dunia pada Rabu (29/7) di Pabelan, Magelang, dengan meninggalkan banyak karya, ilmu dan kenangan bagi Indonesia.(HAP)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRATAINMENT LAINNYA