INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Hujan Deras, Sungai Masamba Kembali Meluap, Tanggul Baru Ikut Jebol

05 Augustus, 2020 14:36 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Hujan Deras, Sungai Masamba Kembali Meluap, Tanggul Baru Ikut Jebol

Foto: Syukur Muhammad

MASAMBA INSPIRA.TV,- Sejak Selasa (4/8) kemarin, curah hujan dengan intensitas tinggi di kabupaten Luwu Utara ,membuat beberapa titik sungai di Masamba kembali meluap. Akibatnya tanggul yang sudah dibuat kembali jebol.


Badan Meterologi Klimatoligi dan Gefisika (BMKG) Sulsel, telah mengeluarkan peringatan dini hujan dengan intensitas tinggi di beberapa wilayah Sulawesi Selatan, terutama di daerah Kabupaten Luwu Utara.


Akibat hujan yang terjadi di Luwu Utara sejak sore hingga malam hari, membuat beberapa sungai meluap. Luapan air sungai mengakibatkan beberapa tanggul penahan air kembali roboh. Alhasil air sungai kembali merembes dan menutupi beberapa ruas jalan di Kota Masamba. 

 

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menuturkan sejak beberapa hari yang lalu BMKG memang telah mengeluarkan peringatan dini. Ia membenarkan, intensitas curah hujan tinggi akan terjadi hingga tiga hari ke depan di Masamba.

 

"Masyarakat untuk tidak panik, tetap berhati-hati dan selalu mengikuti anjuran pemerintah," ujar Indah. 

 

Tidak hanya air yang menggenangi ruas jalan, material seperti lumpur dan pasir ikut terbawa arus dan menutupi beberapa ruas jalan yang ada di kota Masamba.


Selain itu sejumlah alat berat seperti excavator juga ikut diturunkan. Selain untuk membersihkan, alat tersebut juga digunakan untuk mengeruk pasir yang ada di sungai untuk membuat tanggul, guna mengantisipasi banjir bandang susulan. (SYU/HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN