INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Jadi Penyebab Ledakan Dahsyat Beirut, Mengapa Amonium Nitrat Disimpan di Pelabuhan?

06 Augustus, 2020 10:17 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Jadi Penyebab Ledakan Dahsyat Beirut, Mengapa Amonium Nitrat Disimpan di Pelabuhan?

Foto: Istimewa

BEIRUT INSPIRA.TV,- Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab mengatakan 2.750 ton pupuk amonium nitrat yang disimpan di gudang di pelabuhan meledak dan memicu bencana ledakan besar. 


Amonium nitrat adalah garam kristal tak berbau yang telah menjadi penyebab berbagai ledakan industri selama beberapa dekade.


Ketika dikombinasikan dengan bahan bakar minyak, amonium nitrat tidak hanya bisa menciptakan bahan peledak kuat yang banyak digunakan dalam industri konstruksi, tetapi juga dalam bom buatan seperti yang digunakan dalam serangan Kota Oklahoma 1995.


Banyak negara Uni Eropa membutuhkan amonium nitrat untuk dicampur dengan kalsium karbonat untuk membuat senyawa yang lebih aman.


Dikutip dari laman CNBC, seorang pejabat keamanan mengatakan dengan syarat anonim, amonium nitrat telah tiba di Lebanon pada 2013 di atas kapal berbendera Moldova dari Georgia dan menuju Mozambik. Menurut firma hukum Lebanon, Baroudi & Associates, yang mewakili awak "Rhosus", mereka menghadapi "masalah teknis".

Beberapa pejabat keamanan mengatakan kepada AFP bahwa kapal itu berlabuh sementara di pelabuhan tetapi kemudian disita oleh pihak berwenang setelah sebuah perusahaan Lebanon mengajukan gugatan terhadap pemiliknya.

Otoritas pelabuhan menurunkan amonium nitrat dan menyimpannya di gudang pelabuhan kumuh dengan retakan di dindingnya, kata para pejabat.

Pasukan keamanan lalu meluncurkan penyelidikan pada tahun 2019 setelah gudang mulai mengeluarkan bau aneh, menyimpulkan bahwa bahan kimia "berbahaya" perlu dikeluarkan dari tempat tersebut, tetapi tindakan tersebut tidak diambil.

Minggu ini para pekerja mulai memperbaiki gudang yang bobrok itu, menyebabkan spekulasi yang mungkin memicu ledakan tersebut. (HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN