INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Tuntunan dan Keutamaan Sholat Rawatib

10 Augustus, 2020 13:01 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Tuntunan dan Keutamaan Sholat Rawatib

Foto: Nur Azis

DALAM agama Islam banyak sekali amalan yang bisa terapkan untuk menambahkan pahala ibadah wajib dan menunjang amalan kita di akhirat nanti.


Salah satunya adalah amalan ibadah sunnah yang menambahkan amalan ibadah wajib kita. Amalan ini merupakan amalan yang selalu Rasulullah kerjakan dan kita bisa juga mengamalkannya, yaitu sholat rawatib.


Sholat rawatib merupakan sebuah amalan atau ibadah sunnah yang dikerjakan sebelum dan sesudah sholat wajib atau sholat fardhu. Sholat rawatib memiliki raka'at yang berbeda sesuai dengan waktu pelaksanaan sholat wajib atau fardhu yang diiringi.


Niat sholat rawatib pada dasarnya hampir sama dengan sholat wajib atau fardhu biasa, perbedaannya hanya terletak pada bacaan "Qobliyatan Lillahi Ta'ala" untuk mengiringi sholat rawatib sebelum sholat wajib dan "Ba'diyatan Lillahi Ta'ala" apabila amalan sunnah rawatib dikerjakan sesudah sholat wajib.


Sebagai contoh niat sholat sunnah rawatib sebelum dzuhur:

"Ushalli sunnatash zhuhri rak'ataini Qobliyatan Lillahi ta'aala." Artinya: "Saya niat sholat sunah qabliyyah dzuhur 2 raka'at karena Allah ta'ala."


Kemudian jika ingin mengucapkan niat sholat sunnah rawatib sesudah shubuh:

"Ushalli sunnatash shubhi rak'ataini Ba'diyatan Lillaahi ta'ala. "Artinya: Saya niat sholat sunnah Ba'diyah subuh 2 raka'at, karena Allah Ta'ala."


Keutamaan dalam melaksanakan sholat sunnah rawatib ada 4:

1. Amalan Terbaik

Dalam sabda rasulullah menjelaskan bahwa sebaik-baiknya amalan bagi kita adalah sholat

وَاعْلَمُوا أَنَّ خَيْرَ أَعْمَالِكُمُ الصَّلاَةُ

Artinya: "ketahuilah, sebaik-baiknya amalan bagi kita adalah sholat". (HR. Ibnu Majah - 277, Ad Darimu - 655)


2. Meninggikan Derajat

Bagi kaum muslimin yang melaksanakan sholat sunnah rawatib akan mendapatkan sebuah hal yaitu peninggian derajat dan dihapuskan segala kesalahannya


3. Melengkapi kekurangan sholat wajib

Dalam sabdanya dijelaskan bahwa seseorang ketika selesai dari sholatnya hanya tercatat baginya sepersepuluh, sepersembilan, seperdelapan, sepertujuh, seperenam, seperlima, seperempat, sepertiga, separuh dari shalatnya. Dalam penjelasan diatas kelak di hari kiamat amalan yang akan ditanya terlebih dahulu iyalah amalan sholat. Jika amalan sholat tidak sempurna makan dapat disempurnakan dengan sholat sunnah yang mereka kerjakan.

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ النَّاسُ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ أَعْمَالِهِمُ الصَّلاَةُ قَالَ يَقُولُ رَبُّنَا جَلَّ وَعَزَّ لِمَلاَئِكَتِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ انْظُرُوا فِى صَلاَةِ عَبْدِى أَتَمَّهَا أَمْ نَقَصَهَا فَإِنْ كَانَتْ تَامَّةً كُتِبَتْ لَهُ تَامَّةً وَإِنْ كَانَ انْتَقَصَ مِنْهَا شَيْئًا قَالَ انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِى مِنْ تَطَوُّعٍ فَإِنْ كَانَ لَهُ تَطَوُّعٌ قَالَ أَتِمُّوا لِعَبْدِى فَرِيضَتَهُ مِنْ تَطَوُّعِهِ ثُمَّ تُؤْخَذُ الأَعْمَالُ عَلَى ذَاكُمْ

Artinya: "Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah sholat. Kemudian Allah Ta’ala mengatakan pada malaikatnya dan Dia lebih Mengetahui segala sesuatu, 'Lihatlah kalian pada sholat hamba-Ku, apakah sempurna ataukah memiliki kekurangan? Jika sholatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun jika sholatnya terdapat beberapa kekurangan, maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan sholat sunah? Jika ia memiliki sholat sunah, maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku dikarenakan sholat sunah yang ia lakukan. Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu." (HR Abu Daud Nomor 864, dari Abu Hurairah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini sahih). Dan yang terakhir.


4. Mendapat rumah di surga

Bagi mereka yang mengerjakan sholat sunnah akan dibangunkan sebuah rumah di syurga seperti yang sudah di jelaskan dalam sebuah riwayat Ummu Habibah istri dari Rasulullah.

مَنْ صَلَّى اثْنَتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِى يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِىَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ

Artinya: "Barang siapa mengerjakan sholat sunah dalam sehari-semalam sebanyak 12 rakaat, maka karena sebab amalan tersebut, ia akan dibangun sebuah rumah di surga." (HR Muslim Nomor 728). (HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN

INSPIRA SEHAT
Masker Wajah Alami Dari Kentang

19 September, 2020 | 10:58 WIB