INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Mitos atau Fakta? Makan Timun Saat Haid Picu Kista Ovarium

28 Augustus, 2020 13:08 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Mitos atau Fakta? Makan Timun Saat Haid Picu Kista Ovarium

FOTO : Istimewa

Timun adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan asam flat dan zat besi, tetapi sampai saat ini ada banyak informasi yang beredar dan  membuat wanita merasa khawatir.


Menurut informasi yang belum diketahui sumbernya mengkonsumsi timun saat menstruasi dilarang karena bisa menyebabkan darah haid tersisa di dinding rahim dan memicu kanker ovarium. Benarkah demikian?

 

Menurut dokter Sita Ayu Arumi, SpOG. itu hanyalah sebuah mitos. Darah haid tidak tersisa di dinding rahim setelah menstruasi maka darahnya pun sudah bersih. Sependapat dengan dr Sita, dr Irfan Mulyana Mustofa, SpOG menyebutkan bahwa sisa darah saat menstruasi tak selalu tersisa dan memicu adanya kanker.

 

Proses menstruasi dari hari pertama sampai maksimal tiga hari adalah proses utamanya, dinding rahim bagian dalam meluruh dan banyak jaringan endometrium yang luruh.

 

Menurut dr Irfan, endometrium yang banyak mempunyai jaringan darah dan ini menjadi penyebab mengapa tiga hari pertama darah menstruasi yang keluar menjadi kehitaman. Tetapi, dinding rahim ini lama kelamaan akan bersih karena terjadi penutupan sampai hari ke tujuh, dan hanya tersisa flek saja sampai akhirnya bersih.

 

Wajar saja jika pada awal menstruasi darah yang dikeluarkan tidak berwarna merah. Yang perlu diingat adalah saat proses cleansing, wajar pula jika masih ada beberapa darah yang masih menetes berupa flek. Karena pada akhirnya beberapa hari kemudi saluran pembuluh darah akan menutup sempurna.

 

Jadi mengkonsumsi timun saat haid dapat picu kista ovarium adalah informasi yang tidak benar (mitos). Secara umum getah mentimun yang dikonsumsi tidak akan sampai pada rahim. Namun, nilai gizi yang anda konsumsi akan diserap tubuh untuk membantu sistem tubuh Anda.


Untuk itu jangan khawatir lagi ketika kalian mengkonsumsi timun pada saat haid. Justru Anda harus meningkatkan konsumsi sayuran dan buah segar, salah satunya timun untuk mendukung kesehatan tubuh Anda. (JOB-04/HAP)

You can share this post !