INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Opak Linggar, Kuliner Renyah dan Gurih Khas Rancaekek

28 Augustus, 2020 15:44 WIB | INSPIRA FOOD

Inspira TV - Opak Linggar, Kuliner Renyah dan Gurih Khas Rancaekek

FOTO : Istimewa

JIKA bosan dengan makanan kuliner yang banyak diolah di Bandung, tidak ada salah nya mencicipi kuliner tradisional khas Bandung Timur. Salah satunya makanan ringan Opak Linggar yang merupakan kudapan khas kawasan Bandung Timur.

 

Opak Linggar ini dapat ditemukan dengan mudah di sebrang kawasan PT. DWIPAPURI ABADI. Banyak kios yang berjejer disepanjang pinggir jalan yang bertuliskan Opak Linggar, tentunya arti nama “Linggar” disini karena nama itu diambil dari nama daerah, yaitu Linggar.


Desa Linggar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung adalah kawasan yang menciptakan makanan tradisional tersebut. Jadi nama linggar dipadukan dengan opak menjadi “Opak Linggar” makanan yang gurih dan renyah khas kawasan tersebut.

 

Tentu saja opak tidak hanya ada di Linggar, akan tetapi Opak Linggar ini termasuk yang paling gurih dan renyah. Pembuatan Opak Linggar ini masih menggunakan proses tradisional dan tidak memakai mesin untuk membuatnya, karena cara pembuatan dapat mempengaruhi tekstur dan rasa. Selain opak, banyak jenis kudapan lain yang dijajankan antara lain rengginang, seroja, kolontong, dan brondong  yang diproduksi di Desa Linggar.

 

Untuk harga opak tersendiri dibandrol dengan harga Rp 12.000/bungkus. Setiap bungkus berisi sampai 25 opak. Ada pula yang dijual per blek atau kalengan yang biasanya diperuntukan untuk orang syukuran atau hajatan yang berisi 170 opak dengan harga Rp 120.000/blek.

 

Pembuatan opak linggar ini memakan waktu seharian, dan bahan dasar dari opak yakni beras ketan, harus melalui proses direndam, dibumbui, dikukus, digodok, ditumbuk, dan dijemur sebelum akhirnya dipanggang, proses pembuatan ini bisa lebih lama jika musim hujan, karena proses penjemuran nya terhambat cuaca.

 

Jika berminat untuk membeli jajanan kudapan khas Bandung Timur ini, kalian bisa pesan online, karena pemasaran dari Opak Linggar ini sudah keberbagai kota, jadi tidak mesti ke Bandung Timur untuk membeli jajanan khas ini. (JOB-04/HAP)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA FOOD LAINNYA