INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Ini Dampak yang Akan Muncul Kalau Kecanduan Bermain Game Online

30 Augustus, 2020 09:19 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Ini Dampak yang Akan Muncul Kalau Kecanduan Bermain Game Online

FOTO : Ilustrasi

SAAT ini bermain game online menjadi hal yang sangat popular dihampir seluruh kalangan, mulai dari Clash of Clans, PUBG Mobile, Dota2, hingga Mobile Legend banyak yang memainkannya.


Bahkan banyak anak-anak zaman sekarang banyak yang memilki cita-cita untuk menjadi gamers professional karena ada perlombaan-perlombaan game online yang hadiahnya sampai puluhan juta rupiah.


Sebenarnya tidak ada masalah bagi orang-orang untuk bermain game online jika dilakukan secara wajar. Tapi jika kita bermain game online terus-menerus tanpa tahu waktu dan menjadi kecanduan, akan ada dampak buruknya bagi kita.


Dampak yang paling buruk dari hal ini adalah kesehatan, di mana orang-orang yang tergila-gila oleh game sangat beresiko mengalami gangguan penghlihatan, pendengaran, dan yang paling riskan adalah gangguan otak.


Bahkan organisasi Kesehatan dunia atau WHO telah menyatakan bahwa orang yang kecanduan game ditetapkan sebagai penyakit yang bernama gaming disorder. Gaming disorder merupakan perilaku bermain game tak terkendali yang merusak kehidupan sehari-hari. Dan kondisi ini telah dimasukan ke dalam klasifikasi penyakit internasional (ICD-11).


Meskipun penyebab dari gaming disorder ini belum diketahui secara jelas, namun tetap saja kita harus tetap waspada akan resiko-resiko yang muncul.


Untuk mengurangi resiko itu, ada beberapa cara agar kita tidak kecanduan game, diantaranya :

1. Kurangi waktu bermain bermain

2. Luangkan waktu untuk mengobrol dengan orang terdekat

3. Perbanyak olahraga agar tidak stress

4. Perbanyak Istirahat

5. Jangan bermain game hingga larut malam

6. Membaca buku dan belajar banyak hal.


Orang tua pun memiliki peran yang sangat penting agar anak-anak mereka tidak menjadi pecandu game, mereka harus tau bagaimana cara mengedukasi mereka dan melakukan pengawasan terhadap seluruh kegiatannya agar tidak terjadi hal-hal yang negative.(JOB-01/HAP)

You can share this post !