INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Bandara Husein Sastranegara Terapkan Sistem Ketat Setelah Dibukanya Kembali Penerbangan

01 September, 2020 16:21 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Bandara Husein Sastranegara Terapkan Sistem Ketat Setelah Dibukanya Kembali Penerbangan

Foto: Dok. Humas Pemkot Bandung

BANDUNG INSPIRA.TV,- Bandara udara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat, kembali beroperasi seperti sedia kala dengan menerapkan aturan dan strategi untuk memulihkan sistem penerbangan dan keamanan dalam Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).


Hal itu diungkapkan oleh Executive GM PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara, Iwan Winaya Mahdar. Setelah ditutup untuk sementara waktu, dunia penerbangan di Indonesia menurun. Khususnya di Bandara Husein Sastranegara yang mengalami penurunan hingga 90%.


Berdasarkan data yang ada sesuai dengan grafik, Iwan mengatakan, untuk saat ini penerbangan di Husein Sastranegara sudah kembali meningkat dari sekitar 100 penumpang perhari hingga 1.200 perhari. Kendati demikian angka tersebut belum menginjak angka normal.

 

“Untuk grafik saat ini sudah mulai meningkat dari sebelumnya hanya 100 perhari kemudian naik hingga 300 dan sampai saat ini naik menjadi 1200 perhari," katanya dalam Bincang Inspira di Inspira TV, Selasa (01/09/2020).

 

Sementara itu Bandara Husein Sastranegara untuk saat ini tidak membuka rute penerbangan ke beberapa negara seperti Malaysia dan Singapura.

 

“Dari Bandara Husein Sastranegara sendiri terakhir penerbangan keluar negeri itu tanggal 25 maret 2020, dan hingga sekarang Bandara Husei Sastra Negara belum membuka penerbangan Internasional," lanjut Iwan.

 

Untuk tetap menstabilkan seluruh kegiatan penerbangan pihak bandara melakukan sebuah program untuk menarik para calon penumpang yakni dengan program membangun kepercayaan, rasa aman dan nyaman di masa pandemi melalui komitmen protokol kesahatan dan fase AKB.

 

Selain itu penerapan sistem yang canggih oleh Bandara Husein Satranegara juga dilakukan, seperti penerapan High Efficiency Particulate Air (HEFA). Sistem ini bisa menciptakan udara bersih dalam kabin pesawat, dan diklaim bisa menghilangkan 99,5% partikel-partikel seperti virus dan bakteri.

 

“Kami juga memberikan kepastian kepada para pengguna jasa bahwa di dalam peswat kita sudah menyediakan HEFA untuk mensterilkan udara di dalam kabin pesawat dan kami juga pastikan ini mampu membersihkan 99, 5% partikel-partikel seperti virus dan bakteri,” tutur Iwan.

 

Selain itu pencegahan dalam penyebaran Covid-19 pihak bandara melalui SDM selalu menerapkan sistem protokol dengan baik. Untuk itu pihak bandara juga bekerja sama dengan pihak pemerintah memberikan fasilitas rapid tes kepada seluruh SDM yang ada.

 

“SDM di bandara Husein Sastra Negara tentunya harus memenuhi seluruh protokol Kesehatan dengan APD lengkap seperti masker, sarung tangan dan faceshield. Dan kami juga tentunya difasilitasi oleh Pemda dan Pemkot untuk memberikan Rapid test rutin kepada seluruh SDM di bandara," beber iwan. (JOB-02/HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN